Rab. Okt 5th, 2022

 

Bandung yang terkenal dengan pemandangan yang indah dan wisata kuliner yang enak, namun tidak hanya itu saja, Bandung juga memiliki Universitas atau Kampus terbaik di Kota Bandung, terlebih lagi artikel ini cocok dengan kalian yang sedang mencari kampus terbaik dengan pemandangan dan Akreditasi yang bagus juga. Artikel sangat cocok dengan apa yang kalian cari, dan tentu saja kalian pasti ingin dong melanjutkan pembelajaran di Universitas favorit yang kalian dambakan. Diantaranya adalah :

baca juga artikel sejarah kota bandung seperti yang banyak orang kunjungi dan wajib kalian kunjungi.

1. ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mencatatkan diri sebagai kampus terbaik di Bandung 2020. Hal itu tidak mengherankan, mengingat sejak dulu reputasi dan kualitas kampus ini sudah diakui oleh masyarakat dan dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. ITB merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung, tepatnya di jalan Ganesha, Tamansari. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan nonakademik. ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN).

2. Telkom University

Telkom University (Tel-U) berlokasi di kawasan Bandung Technoplex, Dayeuhkolot, Bandung. Kampus tersebut merupakan pengembangan kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 Maret 1994. Saat ini Tel-U dinobatkan sebagai kampus terbaik ke-2 di Bandung sekaligus berhasil dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia 2020 serta untuk pertama kali nya menembus peringkat ke-5 secara nasional. Suatu pencapaian tertinggi selama kampus ini berdiri. Sebelumnya, kampus yang berbasis telekomunikasi ini juga berhasil dinobatkan sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia 2019 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang lebih dikenal UPI adalah kampus berbasis keguruan yang berlokasi di Kota Bandung, kampus ini menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi (Jawa Barat dan Banten). UPI didirikan pada tahun 1954 dengan nama Institut Pendidikan dan Keguruan (IKIP) Bandung, baru pada 1999 secara resmi berubah menjadi Universitas.

4. Universitas Padjajaran

Universitas Padjadjaran memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Kota Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, serta memiliki dua Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU), yaitu Kampus PSDKU Pangandaran dan Kampus PSDKU Garut. Sejak 20 Oktober 2014, status universitas berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari sebelumnya berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tertanggal 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat A (sangat baik).

5. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati

UIN Sunan Gunung Djati Bandung berlokasi di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Nama Sunan Gunung Djati diambil dari nama salah seorang Walisongo. Awalnya, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung didirikan pada 8 April 1968 dan berubah menjadi UIN pada 2005. UIN Bandung pernah mendapatkan skor paling tinggi untuk bidang Kinerja dan Publikasi Ilmiah dari Science dan Technology Index (Sinta) selama tiga tahun berturut-turut. Dan Saat ini berhasil dinobatkan sebagai kampus UIN terbaik di Indonesia. Kampus di Kota Kembang ini juga menarik mahasiswa dari luar Indonesia. Mayoritas dari mahasiswa asing tersebut berasal dari Thailand, Malaysia hingga Sudan. Saat ini, terdapat 9 fakultas di kampus ini.