Kam. Sep 29th, 2022

Bandung Indah Plaza adalah salah satu pusat perbelanjaan besar di kota Bandung. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di Bandung. Didirikan pada akhir tahun 80-an, mulai buka tahun 1989 dan secara resminya dibuka pada 19 Agustus 1990. Dikenal dengan nama BIP, menjadi sebuah ikon belanja di Bandung masa itu. Sebelumnya, masyarakat Bandung hanya mengenal konsep department store dan pasar swalayan. Terletak di pusat kota, Jalan Merdeka Bandung. Dengan ada BIP maka kawasan ini menjadi tempat nongkrong/hang out baru beralih dari kawasan Alun-Alun kota dan juga menjadi awal pembangunan mall dan pusat perbelanjaan di Bandung Utara (sebelumnya hampir semuanya ada di Bandung selatan, batas rel kereta api).

Baca juga artikel mengenai mall paris van java Bandung dan masih banyak lagi info mengenai kota Bandung hanya di Pesona Bandung.

Sejarah

Bandung Indah Plaza atau lebih dikenal dengan sebutan BIP merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Kota Bandung yang didirikan pada akhir tahun 1980-an. Mall yang terletak di pusat kota ini resmi dibuka pada 19 Agustus 1990 dengan konsep toko serba ada dan pasar swalayan. Hadirnya BIP saat itu menjadi awal pembangunan mall dan pusat perbelanjaan di Bandung Utara. Sebelum dijadikan pusat perbelanjaan, BIP merupakan sebuah hotel ternama di Bandung. Pada masa Hindia Belanda, hotel tersebut diberi nama Flat Oclott Park. Hotel yang bentuk fisiknya terdiri dari kumpulan beberapa vila ini merupakan tempat persinggahan favorit pada tahun 1930-1950-an.

Saat itu, hotel Flat Oclott Park memiliki konsep hotel bernuansa alam. Hampir di setiap bagian hotelnya terdapat pepohonan, misalnya pada bagian depan dan dalam vila terdapat taman yang begitu asri dengan banyaknya tanaman dan rimbunnya pepohonan. Kemudian, di dalam ruangan hotel pun terdapat tumbuhan liar yang menempel di dinding sehingga memberi kesan hotel ini menyatu dengan alam.Hingga tahun 1950-an, Flat Olcott Park berganti nama dan kepemilikan menjadi Hotel Pakunegara. Awalnya, bangunan beks Flat Olcott Park tak banyak berubah, bahkan ornamen tulisan Olcott Park pada dinding atas gedung utama kompleks hotel pun masih terlihat dengan jelas. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bangunan hotel mengalami perombakan menjadi bangunan yang lebih modern. Hotel pun tak seasri dan serimbun seperti saat digunakan Flat Oclott Park.

Bangunan yang tadinya terdiri dari kumpulan beberapa vila sudah berubah menjadi satu gedung besar yang berisi 256 kamar. Kala itu, hotel Pakunegara dimiliki oleh PT Bhuwantala Indah Permai, sebuah perusahaan yang diambil dari kelompok Summa oleh putra ketiga mantan Presiden RI Soeharto, Bambang Trihatmodjo, dan beberapa rekan bisnisnya.Hotel Pakunegara ini hanya bertahan hingga tahun 1980-an, yang akhirnya dijadikan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza. Sayangnya, bangunan bekas Hotel Pakunegara dirombak habis-habisan sehingga tak lagi menyisakan bangunan atau ornamen-ornamen dari Hotel Pakunegara. Sejak itu, BIP beberapa kali berganti kepemilikan dan juga mengalami perluasan dan renovasi bangunan.

Bangunan

Bandung Indah Plaza terdiri dari empat lantai, dimana lantai yang terletak di bagian paling bawah dan Ground Floor digunakan oleh tenant-tenant atau penyewa yang sebagian besar merupakan tenant kuliner seperti. Sedangkan lantai pertama, beberapa tenant besar yang menyewa tempat ini antara lain untuk berbelanja pakaian dan alat-alat olahraga serta kebutuhan lain terutama sepatu, lantai pertama ini merupakan tempat yang wajib untuk didatangi. Kemudian untuk lantai dua, oleh pengelola Bandung Indah Plaza lantai ini disewakan kepada tenant-tenant yang menjual berbagai macam barang elektronik dan lantai terakhir atau lantai tiga dipakai sebagai pusat kuliner atau jajanan dan hiburan.

– Lantai 1: BASO by Mister Baso, D’Cost Seafood, Starbucks, Hypermart, Global Teleshop, Mc Donald’s, Oke Shop, Optik Melawai, J.CO, Pizza Hut, Giordano, dan lainnya.
– Lantai 2: Adidas, Matahari Department Store, Absolute Surf, Darlene’s, Sport Station, The Athlete’s Foot, Zoya, dan lainnyua.
– Lantai 3: Electronic Solution, Matahari Department Store, Fun World, MG Sports & Music, Toko Buku Gunung Agung, Neo Family Karaoke, 3Second, dan lainnya.
– Lantai 4: A&W, Bandung Empire XXI, Justus Burger & Steak, Texas Chicken, dan lainnya.