Kam. Sep 29th, 2022

Bandung merupakan daerah wisata yang banyak menyediakan pemandangan alam, salah satu jenisnya adalah air tejrun atau bahasa sundanya curug. Salah satu curug di bandung yang tidak kalah menarik adalah curug tilu leuwi opat. Namanya unik bukan, tilu artinya 3 dimana lokasi ini dan leuwi opat adalah sungat 4. Ada 3 terjun yaitu Curug Tilu, Curug Aseupan, Citulang dan Cilaki, berada bersampingan dengan curug tilu leuwi opat. Sedangkan leuwi opat berarti sungai empat. Tempat wisata ini menggabungkan antara curug, sungai, serta goa yang berada diatas lahan seluas 5 hektar. Penasaran kesini, oh ya tempat ini juga biasanya sering digunakan untuk camping.

Keadaan alamnya yang masih sangat asri menjadikan tempat wisata di Bandung yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Bandung yang ingin berlibur menikmati keindahan alam. Tidak hanya masyarakat Bandung saja, bahkan banyak juga para wisatawan yang datang dari berbagai kota yang ada di luar Bandung. Mereka datang karena tertarik dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Curug Leuwi Opat ini.

Baca Juga : Pesona Pantai Tanjung Layar

Curug Tilu Leuwi Opat sering juga di sebut dengan nama Curug Tilu Parompong atau Curug Tilu Ciwidey. Mungkin Anda akan mendengar sebagian orang menyebutnya dengan nama tersebut. Jangan bingung karena semua nama tersebut merujuk pada satu tempat yang sama. Curug (air terjun) Tilu (tiga) Leuwi (Sungai) Opat (empat) seperti itulah kira-kira jika nama curug ini diartikan secara harfiah. Nama tersebut diberikan karena curug ini memang memiliki air terjun yang terpecah menjadi tiga aliran. Tiap-tiap aliran memiliki tinggi yang terlihat bertingkat-tingkat sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat indah dari bawah. Trending: 5 Tempat Wisata Gratis Di Bandung Yang Paling Populer Di kawasan wisata Curug Tilu ini tidak hanya terdapat satu curug, tetapi ada 3 curug lainnya lagi. Jadi ada 4 buah curug di sini. Curug tersebut letaknya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi kesemua curug itu dalam sekali berkunjung.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Lokasi curug tilu berada di Ciwangun Parompong, tidak jauh dari Lembang. Lokasinya terletak tidak jauh dari curug cimahi, kurang lebih 2 KM.Jika dari Lembang, arahkan kendaraan ke Parompong, ke arah air terjun pelangi ataupun dusun bambu. Setelah melewai universitas advent, jalan akan menurun dan berbelok ke kiri (ada jembatan). Nah disini, terdapat jalan lurus (naik) dengan tulisan Ciwangun Indah Camp.Ikuti terus jalan ini kurang lebih 1,5 KM, dan anda akan menemukan gerbang masuk ke curug tilu di sebelah kiri.Jika dari Lembang, arahkan kendaraan ke Parompong, ke arah air terjun pelangi ataupun dusun bambu. Setelah melewai universitas advent, jalan akan menurun dan berbelok ke kiri (ada jembatan). Nah disini, terdapat jalan lurus (naik) dengan tulisan Ciwangun Indah Camp.Ikuti terus jalan ini kurang lebih 1,5 KM, dan anda akan menemukan gerbang masuk ke curug tilu di sebelah kiri.