Kam. Sep 29th, 2022

Pertumbuhan gerai-gerai kopi modern atau coffee shop melonjak tinggi dan menjamur di berbagai daerah. Kopi rupanya telah menjadi tren dan gaya hidup bagi generasi milenial dan gen-z. Meski persaingan dengan coffee shop modern kian ketat, toko kopi legendaris di Bandung yang satu ini tetap ramai diburu para penikmatnya.

Deretan Tempat Kopi Legendaris Bandung

Di antara myegahnya bangunan-bangunan tua bergaya kolonial di sepanjang Jalan Asia-Afrika hingga Braga, terselip satu toko kopi legendaris yang hampir setiap pagi orang rela antre untuk mendapatkan cita rasanya yang autentik. Berikut ini adalah Deretan tempat kopi legendaris Bandung

1. Warung Kopi Purnama Warung

Kopi Purnama sudah berdiri sejak 1930-an. Terletak di Jalan Alkateri Nomor 22, warung ini terletak tak jauh dari Alun-alun Kota Bandung. Kopi hitam panas di sini spesial menggunakan bubuk kopi merek Aroma yang sama-sama legendaris. Paling nikmat jika dimakan bersama dengan roti srikaya yang jadi kudapan andalan Warung Kopi Purnama. Selai srikayanya spesial buatan rumahan menggunakan resep turun temurun dari generasi pertama pemilik Warung Kopi Purnama. Selain itu ada juga kopi susu yang nikmat dan aneka makanan serta camilan lain. Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu? Tak hanya bisa menikmati kopi dan roti srikaya, kamu juga bisa merasa seakan terbawa jauh ke masa lampau. Pasalnya, arsitektur dan interior bangunan Warung Kopi Purnama kental dengan gaya Belanda.

Baca Juga : Makanan Khas Bandung Yang Bikin Kamu Ngiler !

2. Kopi Javaco

Bergeser sedikit ke Jalan Kebonjati No. 69, Kebonjeruk, Bandung, ada Kopi Javaco yang merupakan merek kopi tertua di Bandung. Kopi ini didirikan tahun 1928 oleh Liem Kiem Gwan. Kini, usaha keluarga ini dikelola generasi keempat yakni Hermanto.

Terdapat empat jenis kopi yang dijual yakni Arabika, Robusta, Melange, dan Tip-Top. Dua jenis kopi terakhir yang ditawarkan mungkin sedikit asing, kita biasa hanya mendengar robusta dan arabika.

Melange adalah Robusta grade 1 yang memiliki sedikit rasa dan aroma kayu manis. Sementara untuk Tip-Top adalah Robusta grade 2. Semua jenis kopinya hanya tersedia dalam bentuk gilingan medium.

3.Kopi Tjia Lie Hong

Tempat selanjutnya yang juga sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu adalah Kopi Tjia Lie Hong. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Sudirman 165, Bandung. Mereka menawarkan tiga varian kopi berbeda yaitu arabika, rbusta, dan campur.

Pengunjung bisa membeli biji kopi ataupun gilingan di sini. Kemasannya masih memanfaatkan kertas berwarna cokelat dan terkesan jadul. Namun demikian, hal ini ternyata juga dilakukan untuk menjaga citarasa kopi. Jika jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa menyambangi toko mereka Teman Traveler.