Kam. Sep 29th, 2022

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Susana sejuk khas pegunungan mulai terasa bahkan sebelum benar-benar tiba di wisata alam Situ Patenggang ini. Daun teh yang hijau serta pepohonan lain yang asri sangat indah jika dipadukan dengan jernihnya air dan birunya langit.

Meskipun tempat ini berada di posisi yang cukup tinggi, namun air di danau ini juga masih sangat jernih. Hal ini yang membuat beberapa pengunjung juga kadang ingin merasakan kesejukan dari air danau itu.

Baca Juga : Taman Sejarah Bandung

Bahkan, pada pagi hari anda bisa melihat pemandangan kabut tipis yang mengelilingi perbukitan sekitar. Kondisi seperti ini juga akan dimanfaatkan bagi para pengunjung untuk diabadikan sebagai background foto yang menakjubkan.

Belum lagi goresan kabut tipis yang menggantung rendah membuat suasana benar-benar romantis. Seolah-olah segala masalah yang sedang dihadapi lenyap begitu saja saat menghirup segarnya udara di Situ Patenggang ini.

Tempat wisata Situ Patenggang tampaknya mulai menjadi area pelepas lelah favorit di kalangan wisatawan, bahkan yang berasal dari luar Bandung.Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawasan wisata situ ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk sendiri cukup terjangkau mengingat keindahan yang ditawarkan objek wisata ini.

Daya Tarik Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda. Situ berarti danau dan Patenggang berasal dari kata pateang-teangan yang artinya saling mencari. Situ Patenggang memiliki luas sekitar 60 hektar dengan keindahan alam sekitarnya, seperti perkebunan teh Rancabali serta hutan pinus cagar alam Patenggang yang asri dan sejuk. Wisatawan yang ingin mencari tempat wisata berudara sejuk, maka Situ Patenggan dapat menjadi pilihannya. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekeliling dengan menggunakan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan perahu bebek. Disekitar situ juga tersedia kios pedagang yang menjajakan makanan khas Ciwidey, seperti stoberi.