Rab. Okt 5th, 2022

Sejarah Taman Maluku

Sejarah berdirinya Taman Maluku Bandung menjadi perhatian banyak orang. Pasalnya, hal itu menyangkut kisah di balik keberadaan patung pastor raksasa berwarna abu-abu kehitaman yang ada di taman tersebut. Mengutip Travels Promo, Taman Maluku termasuk salah satu taman kota tertua di Bandung. Taman ini telah ada sejak zaman peninggalan Belanda pada tahun 1919, dan didirikan langsung oleh pemerintah Hindia Belanda.

Baca juga artikel mengenai Istana Plaza Bandung Mall dan masih banyak lagi info mengenai kota Bandung hanya di Pesona Bandung.

Seiring waktu berlalu, nama tersebut berubah menjadi Taman Maluku. Kondisinya juga semakin megah, karena dibangun berbagai fasilitas umum lainnya. Bicara soal patung raksasa di Taman Maluku, ini memiliki nama Henricus Christiaan Verbraak. Patung pastor di dalam Taman Maluku adalah seorang pria kebangsaan Belanda yang lahir pada 28 Maret 1835. Pria yang awalnya bercita-cita menjadi pedagang ini memulai kariernya sebagai pastor pada 1862. Kemudian, pastor ini dikenal dengan perannya yang sangat penting bagi pemerintah Belanda untuk menyebarkan ajarannya. Banyak kabar burung terdengar bahwa kehadiran patung ini berkaitan dengan peristiwa kecelakaan tragis pastor tersebut di Bandung. Sayangnya, kabar burung tersebut hanya isapan jempol belaka alias tidak benar. Seiring perkembangan zaman, nuansa misteri dan seram di taman ini telah terkikis. Justru, taman ini semakin sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota.

Aneka Fasilitas di Taman Maluku

Taman yang terletak di pusat kota ini memiliki luas setidaknya 6.000 meter persegi. Dengan taman yang begitu luas, tempat ini menghadirkan berbagai fasilitas umum lengkap yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Berikut ini beberapa fasilitas Taman Maluku yang bisa dinikmati:

1. Tempat Bersantai Keluarga

Kesejukan dan pepohonan rimbun di sekitar taman membuat tempat ini pas untuk melepas penat setelah berkerja. Taman Maluku memiliki berbagai bangku dan kursi untuk wisatawan bersantai serta menikmati keindahan taman. Suasana di dalam taman sangat teduh dan sejuk, meski di siang hari dengan matahari terik sekalipun. Pepohonan tinggi yang telah perusia puluhan tahun terlihat begitu cantik dan memanjakan mata.

2. Kolam Ikan Hias

Fasilitas lain yang ada di taman kota ini adalah kehadiran kolam ikan hias.Di tengah taman, pengunjung bisa melihat sebuah kolam ikan kecil yang unik. Ada berbagai ikan hias kecil berwarna-warni. Ini menjadi daya tarik anak-anak yang bermain di sekitarnya. Wisatawan biasa duduk bersantai di sekitar area kolam sambil beristirahat.

3. Sarana Bermain Si Kecil

Jangan lupa mengajak anak untuk mampir bermain di taman kota ini saat akhir pekan nanti, ya, Moms! Fasilitas di Taman Maluku sudah lengkap dengan kehadiran playground mini. Terdapat mainan ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, serta mainan anak lainnya yang menyenangkan. Sambil menemani anak bermain, disediakan juga spot khusus untuk masyarakat bisa berolahraga. Ada juga jogging track yang bisa dipakai apabila Moms ingin membakar kalori di pagi ataupun sore hari.

4. Foto dan Selfie di Patung Pastor

Jangan sampai melewatkan keindahan patung pastor yang menjadi ciri khas Taman Maluku, ya! Patung yang terletak di tengah taman ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto-foto dan selfie yang instagramable. Banyak orang mengunjungi tempat ini untuk mengenal sejarah Bandung patung pastor dan merekam momen. Patung yang terkesan tinggi dan raksasa ini menjadi ikon taman kota yang jarang ditemukan di tempat lain.

5. Jajanan Pinggir Jalan

Terkadang, di sekeliling taman diramaikan oleh gerobak penjual yang menjajakan makanan ringan kepada para pengunjung. Jajanan pinggir jalan ini pun menjadi salah satu yang juga patut dinikmati saat berkunjung ke Taman Maluku Bandung. Banyak pengunjung menikmati kelezatan makanan khas Bandung sambil bersantai di bawah rimbunnya pepohonan.

Jadi, itulah keimdahan Taman Malu di Kota Bandung, tertarik kesana kah?