Rab. Okt 5th, 2022

Bandung menyediakan berbagai tempat wisata dengan pemandangan indah pohon pinus di sekelilingnya, ditambah dengan spot-spot Wisata Hutan Bandung yang pastinya bikin kamu betah berlama-lama. Nah, kira-kira dimana aja sih tempatnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Wisata Hutan Di Bandung Yang Wajib Kalian Coba!

1.Grafika Cikole

Grafika CikoleObjek wisata hutan di Bandung lainnya yang terkenal adalah Grafika Cikole. Tempat ini merupakan sebuah kawasan wisata dan penginapan yang berada di bawah naungan hutan pinus yang alami. Lokasinya juga berada di Lembang.

Ada banyak kegiatan wisata yang menarik yang bisa dilakukan di sana. Mulai dari melakukan kegiatan outbound, berkemah, menginap, atau hanya sekadar makan di restorannya. Dengan area wisata seluas kurang lebih 8,2 hektar, pengunjung juga bebas berfoto-foto dengan pemandangan yang indah tentunya.

Baca Juga : Rekomendasi Taman Di Bandung Yang Cocok Untuk Refreshing!

Jika Anda ingin menginap di Wisata Grafika Cikole, Anda bisa memilih fasilitas penginapan seperti apa yang diinginkan. Misalnya dengan tenda yang sederhana, atau dengan pondokan-pondokan yang memiliki kapasitas berbeda-beda. Pondokan ini biasanya cocok untuk wisata keluarga. Hal menarik lainnya dari hutan ini adalah lokasinya yang berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Sehingga suhu udara di sana tentunya sangat sejuk.

2.Bukit Bintang

Selain terkenal sebagai Bukit Bintang, tempat wisata berpemandangan hutan pinus ini dikenal juga sebagai Bukit Moko. Lokasi dari Bukit Bintang ini terletak di Kecamatan Cimenyan tepatnya di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Bandung. Harga tiket masuknya berkisar Rp 15 ribu – Rp 25 ribu.

Fasilitas yang bisa dinikmati di sekitar Bukit Bintang ini adalah sensasi menikmati pemandangan Kota Bandung di atas bukit. Pada malam hari, pesona kota Bandung akan terlihat lebih indah karena cahaya dari setiap bangunannnya. Selain itu, Bukit Bintang menyediakan fasilitas bernama Dermaga Bintang di mana pengunjung bisa naik ke atas papan yang akan menghantarkan kita pada pemandangan Kota Bandung lebih jelas lagi. Selain untuk menyaksikan keindagan gemerlap Kota Bandung pada malam hari, pengunjung bisa berkemah di tengah hutan pinus Bukit Bintang ini.

3. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di jalan Ir. H. Juanda No.99, Ciburial. Terkenal juga dengan nama Tahura Djuanda, areanya menyajikan kawasan konservasi berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Bandung. Wilayahnya meliputi hutan pinus, serta Sungai Citarum serta Sungai Cikapundung. Alirannya membentang dari Curug Dago hingga ke Curug Maribaya.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda resmi berdiri sejak tahun 1965. Dibukanya destinasi ini merupakan wujud penghargaan untuk jasa Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja. Beliau merupakan putra tanah Pasundan yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10.