Kam. Sep 29th, 2022

Sejarah Bandung Medical Centre

Bicara tentang urban legend di Kota Bandung, tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat yang cukup legendaris dan kerap kali menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Kota Kembang. Sebagai orang yang lahir dan besar di Bandung, tak dipungkiri bahwa tempat ini sering disebut sebagai rumah sakit angker. Tempat tersebut adalah Bandung Medical Centre (BMC). BMC merupakan sebuah rumah sakit tua yang terletak di Jalan Haji Wasid 1, Lebak Gede, Bandung. Sebagaimana disebutkan dalam media online lainnya seperti ussfeed.com dan jurnalposmedia.com bahwa sejarahnya, BMC merupakan bangunan rumah sakit yang sebelumnya merupakan Rumah Sakit Sartika Asih.

Baca juga artikel mengenai Goa Jepang Kota Bandung dan masih banyak lagi info mengenai kota Bandung hanya di Pesona Bandung.

Tahun 1995, Rumah Sakit Sartika Asih resmi dipindah operasikan ke jalan Moch. Toha No. 360, Regol, Bandung yang hingga kini masih beroperasi dan dikenal dengan nama Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih. Sementara itu, sepeninggalan Sartika Asih dan digantikan oleh BMC, tahun 2000 Rumah Sakit BMC sempat direnovasi namun berhenti begitu saja ketika sang pemilik meninggal dunia. Sejak saat itu, Rumah Sakit BMC terbengkalai dan mulailah muncul rumor-rumor yang kerapkali dikaitkan dengan kisah mistis. Bahkan Rumah Sakit BMC pernah dijadikan sebagai lokasi GhostBusTour yang ditayangkan pada kanal Youtube Jurnal Risa pada Oktober 2020 silam. Konon katanya, ada beberapa tempat yang digadang-gadang menjadi pusat penampakan makhluk halus. Tempat tersbut adalah kamar bayi dan kamar mayat. Bahkan, penjaga Gedung BMC pun mewanti-wanti pada pengunjung untuk tidak mendekat ke area tersebut karena tak jarang banyak terjadi pengunjung yang kerasukan. Sejak BMC terkenal sebagai rumah sakit angker, tempat ini justru malah menjadi tempat yang menarik perhatian para pecinta cerita horror dan banyak dikunjungi oleh masyarakat dari dalam maupun luar Kota Bandung. Anehnya, meski tempat ini disebut sebagai rumah sakit terseram tapi banyak sekali orang yang mengunjungi tempat ini dan penasaran sama Rumah Sakit yang penuh dengan ukiran patung peninggalan Belanda tersebut.

Renovasi, Akankah Menghilangkan Kesan Horor?

Kesan Horor Sehingga Jadi Objek Wisata Mistis Saat ini bangunan ex RS BMC Bandung tengah dalam proses renovasi. Sepertinya sih akan difungsikan lagi sebagai rumah sakit. Tentunya dengan nama lain. Kalo diliat sekilas dari depan, terdapat nama RS Pasundan dengan logo Provinsi Jawa Barat. Apakah bangunan tersebut sudah diambil alih oleh pemprov? Entahlah, wallohu alam.

Yang membuat kita bertanya-tanya akankah renovasi itu menghilangkan kesan horor yang terlanjur melekat? Jika nanti sudah aktif lagi sebagai rumah sakit masihkah dijadikan lokasi wisata mistis seperti waktu masih mangkrak? Pastinya apapaun yang akan terjadi nanti jika kita berkesempatan untuk mengunjungi tempat itu lagi wajib menjaga sikap.

Nggak boleh selengekan, jangan belagu, nggak boleh sompral, ulah popolontongan, ojo ndableg saat kita masuk dan berada di tempat itu. Sama jangan sekali-kali memutar musik terlalu keras. Misalnya dangdut koplo distel volume full. Dikhawatirkan akan mengganggu makhluk tak kasat mata tadi. Selain juga mengganggu pasien kalo udah berfungsi lagi.