Kam. Sep 29th, 2022

Universitas Jenderal Achmad Yani biasa disingkat sebagai UNJANI adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak kawasan militer yaitu di bagian selatan Kota Cimahi, Jawa Barat tepatnya di Jalan Terusan Jenderal Sudirman yang bertempat di lokasi yang berdekatan dengan perguruan tinggi lain, yaitu STKIP Siliwangi Cimahi. Sementara kampus utama lainnya terdapat di Kota Bandung tepatnya di Jalan Terusan Jenderal Gatot Subroto, Kiaracondong yang terletak di jalan yang sama dengan PT. Pindad.

baca juga artikel Universitas Katolik Parahyangan dan pastikan kalian bisa masuk di universitas tersebut ya!

Sejarah

Universitas Jenderal Achmad Yani merupakan hasil pengembangan dari sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP yaitu: Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA) dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ST MIPA).

Berdirinya UNJANI ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum YKEP nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan nomor : 0512/O/1990 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam perkembangannya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.

Sampai dengan bergabungnya STTIB ke dalam UNJANI tahun 1992, UNJANI memiliki 3 (tiga) fakultas yaitu: (1) Fakultas Teknik dengan jurusan : Teknik Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan D3 Keramik, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Manajemen Industri ; (2) Fakultas Ekonomi dengan jurusan: Manajemen, Akuntansi ; dan (3) Fakultas MIPA dengan jurusan Kimia, Fisika, Informatika.

Pada tahun 1992, UNJANI menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fakultas Kedokteran. Pengembangan selanjutnya dengan penambahan jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, jurusan Farmasi dan Program MIP pada tahun 1999 dan Fakultas Psikologi pada tahun 2003. Sehingga jumlah keseluruhan Program Studi yang dikelola UNJANI adalah 20 (dua puluh) dari 14 (empat belas) jurusan/6 (enam) fakultas. Pada tahun mendatang tidak menutup kemungkinan UNJANI akan terus melakukan pengembangan dengan membuka Program Studi baru, sesuai kebutuhan masyarakat. Pada tahun 2021 atas koordinasi antara Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi, KASAD TNI-AD, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Ketua STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyetujui penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani dengan Universitas Jenderal Achmad Yani menjadi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan, sehingga kini Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi memiliki 10 Fakultas yang diresmikan pada tanggal 1 September 2021.

Fakultas

Fakultas Kedokteran, dengan program studi
Fakultas Kedokteran Gigi, dengan program studi
Fakultas Teknik, dengan program studi
Fakultas Teknologi Manufaktur, dengan jurusan
Fakultas Ekonomi, dengan jurusan
Fakultas Sains dan Informatika, dengan jurusan
Fakultas Farmasi, dengan program studi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan program studi
Fakultas Psikologi
Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan dengan program studi