Kam. Sep 29th, 2022

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan singkatan Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka, Jalan Aceh, dan Jalan Nias. Sebelum memiliki gedung sendiri di Jalan Merdeka, kegiatan akademis juga sempat menggunakan gedung “Panti Budaya” (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru). Unpar memiliki semboyan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang berarti “Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat”.

baca juga artikel Universitas Islam Bandung dan pastikan kalian bisa masuk di universitas tersebut ya!

Sejarah

Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tanggal 17 Januari 1955, dengan nama Akademi Perniagaan, sebagai buah kerjasama antara Uskup Bandung, Pierre Marin Arntz, O.S.C. dengan Uskup Bogor Prof. Dr. Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M.. Status akademi ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan, yang kelak menjadi Fakultas Ekonomi. Pada 15 September 1958, Fakultas Hukum mulai dibuka dan sekaligus mengubah nama institusi menjadi Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan. Yayayasan badan penyelenggara Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan didirikan pada 31 Oktober.

Fakultas Teknik menjadi fakultas ketiga yang didirikan, setelah dibuka pada tahun 1960 dengan jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur. Setahun kemudian, Fakultas Sosial Politik dibuka. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, nama institusi kembali mengalami perubahan dan menjadi Universitas Katolik Parahyangan. Statusnya kemudian menjadi disamakan dengan perguruan tinggi negeri, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 50 tahun 1962. Lembaga Penyelidikan Ilmiah Unpar didirikan pada tahun 1963 untuk mendukung peningkatan sarana dan prasarana ilmiah.

Program studi

Tujuh fakultas dalam Universitas Katolik Parahyangan membuka program studi untuk tingkat sarjana dan satu buah program studi diploma dalam Fakultas Ekonomi sementara program studi Magister dan Doktor pada awalnya bernaung di bawah Sekolah Pascasarjana.[11] Pada tahun 2018.

program studi

Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Teknik
Fakultas Filsafat
Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Informasi dan Sains

Kemahasiswaan

Himpunan seluruh Organisasi Kemahasiswaan yang berada di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan bernama Persatuan Mahasiswa Unpar (selanjutnya disingkat “PM UNPAR”). Pada tanggal 18 Juni 1972, PM UNPAR didirikan sebagai Organisasi Kemahasiswaan yang jangka waktunya tidak ditentukan dan Organisasi ini merupakan bentuk penyempurnaan dari Organisasi sebelumnya, yaitu Keluarga Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan yang didirikan pada tanggal 5 Maret 1960. PM UNPAR adalah satu-satunya Organisasi Kemahasiswaan yang diakui secara formal dan legal oleh pihak Universitas untuk menghimpun mahasiswa UNPAR dan pengurusnya dibentuk atas dasar pemilihan. PM UNPAR berbentuk himpunan yang terdiri dari beberapa lembaga yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, yaitu:

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
BEM adalah Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Universitas yang memiliki fungsi eksekutif.

Senat Mahasiswa (SM)
SM adalah Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Universitas yang memiliki fungsi legislatif.

Badan Pemeriksa (BP)
BP adalah Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Universitas yang memiliki fungsi yudikatif.

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)
HMPS adalah Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Program Studi yang memiliki fungsi eksekutif.