Kam. Sep 29th, 2022

Latar Belakang

Sebelum publik mengenalnya sebagai penyanyi pop dan penulis lagu, Isyana lebih dulu terjun di dunia musik klasik sebagai solois dan resitalis. Ia juga telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi musik. Prestasinya termasuk menjadi komponis terbaik pada usia 15 tahun, salah satunya menciptakan komposisi lagu yang bertajuk “Wings of Your Shadow”, lagu tersebut terpilih sebagai komposisi terbaik dan masuk kedalam Top 12 electonis dari 3.500 peserta anak-anak di dunia pada International Junior Original Concert.

Sebagai hasilnya, ia terpilih untuk konser pada IJOC 2008 di Bunkamura Hall, Tokyo, Jepang. Isyana bergabung dengan Sony Music Indonesia pada tahun 2014 dan mulai merilis 2 single, “Keep Being You” (2014) dan “Tetap Dalam Jiwa” (2015). Ia juga telah merilis 3 album yang banyak mendapat respon positif dan sukses di pasaran.

Sebelum lanjut jangan lupa baca juga artikel mengenai Pahlawan Bandung yaitu Muhammad Toha dan pastikan baca dan baik untuk dijadikan panutan ya!

Pada 2 September 2018, di Asian Games 2018 ke-18 Jakarta-Palembang, Indonesia, Isyana menjadi penampil pertama dalam Closing Ceremony Asian Games dengan lagu “Asia’s Who We Are” di hadapan lebih dari 55.000 audiens di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada Mei 2019, Walt Disney Pictures menggandeng Isyana bersama Gamaliel Tapiheru untuk menyanyikan lagu soundtrack di film Disney, Aladdin yang berjudul “A Whole New World” versi Indonesia, namun tetap menggunakan Bahasa Inggris.

Mereka berdua pun secara langsung mewawancarai Alan Menken selaku komposer dalam film-film Walt Disney Animation Studios di Tokyo, Jepang. Di bulan Juli 2019, Isyana resmi menjadi juri The Voice Indonesia menggantikan posisi Anggun bersama juri bertahan lainnya seperti Armand Maulana, Titi DJ, Nino RAN & Vidi Aldiano. Berkat popularitas & kepiawaiannya dalam menjadi juri, Isyana kembali terpilih sebagai coach The Voice Kids Indonesia season 4.

Setelah di bulan Februari 2019 masuk kedalam daftar 30 under 30 Forbes Indonesia kategori art, style & entertainment, Pada April 2020, Isyana berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Forbes Asia versi Forbes pada kategori Entertainment & Sports dan juga masuk di kategori Celebrities (kategori khusus).

Setelah 6 tahun bernaung dibawah label Sony Music Indonesia, pada 20 Oktober 2020 lewat akun media sosial pribadinya Isyana resmi mengumumkan bahwa dia mendirikan label musik sendiri yang bernama REDROSE RECORDS. Pada 2 Februari 2021, Isyana dan Rayhan (suaminya), merilis sebuah single yang berjudul “1+1” sebagai wedding anniversary mereka yang pertama. Lagu tersebut juga rilis di berbagai platform musik digital.

Kehidupan Awal

Isyana lahir di Bandung pada 2 Mei 1993. Dia menghabiskan masa kecilnya di berbagai lokasi, karena orang tua nya bekerja & melanjutkan studi mereka di Belgia. Namun, pada usia 7 tahun keluarganya pindah ke Bandung, Indonesia. Isyana adalah putri bungsu dari pasangan Luana Marpanda, seorang guru musik dan Sapta Dwikardana, Ph.D seorang dosen dan terapis (grafologis). Ia memiliki kakak perempuan bernama Rara Sekar Larasati, yang juga merupakan vokalis band bernama Banda Neira. Dibesarkan dalam keluarga pendidik, Isyana diperkenalkan ke dunia musik pada usia 4 tahun oleh ibunya. Isyana telah menguasai sejumlah instrumen. Termasuk piano, electone, flute, biola, dan saksofon.