Kam. Sep 29th, 2022

Raffi Farid Ahmad (lahir di Bandung, 17 Februari 1987; umur 35 tahun) merupakan selebritis, pemeran, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, YouTuber, dan produser berkebangsaan Indonesia.

Kehidupan Awal

Raffi pada acara Rans Family di NET..
Raffi Farid Ahmad atau biasa dikenal dengan panggilan Raffi Ahmad ini dilahirkan di Bandung, Jawa Barat pada 17 Februari 1987. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, dari pasangan almarhum Munawar Ahmad yang keturunan Pakistan dengan Amy Qanita yang keturunan Sunda, Jawa Barat. Kedua saudaranya bernama Syahnaz Sadiqah dan Nisya Ahmad. Raffi Ahmad pernah mengatakan mengenai silsilah keluarganya bahwa ia dibesarkan dalam sebuah keluarga berdarah Pakistan yang diturunkan dari sang kakek.

Dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya seperti Biografi Isyana Sarasvati dan Info Bandung lainnya hanya di Pesona Bandung.

Meski Raffi berasal dari Bandung, ia menghabiskan masa-masa sekolahnya di Bandung dan Jakarta. Raffi mengenyam bangku sekolah dasar di SD Taruna Bakti Bandung lalu lanjut ke sekolah menengah pertama di SMP Negeri 5 Bandung. Setelah ia lulus SMP, Raffi Ahmad hampir bersekolah di SMA Negeri 5 Bandung akan tetapi akhirnya ia justru masuk ke SMA Negeri 3 Jakarta. Namun, tak lama kemudian pindah ke SMA Negeri 16 Jakarta. Usai lulus SMA, ia mengenyam bangku kuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.

Karier

Raffi memulai kariernya saat ia masih menduduki bangku SMP mulai dari mengikuti syuting sinetron, FTV atau bahkan film layar lebar. Berawal dari menjadi pemeran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang (2002), Raffi baru melejit dalam Senandung Masa Puber di Trans TV sebagai pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari. Setelah itu, Raffi terus-menerus muncul di sinetron-sinetron dan FTV remaja bahkan film layar lebar, salah satunya film berjudul Love Is Cinta. Akting apik Raffi di film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah ini mendapatkan pujian dari kritikus film.

Pada akhir 2006, musisi Melly Goeslaw mengadakan casting untuk grup vokal Bukan Bintang Biasa, yang lebih dikenal dengan sebutan BBB. Proyek ini dikhususkan untuk pemain sinetron remaja Indonesia. Dari sekian banyak pesinetron yang audisi, akhirnya terpilihlah Raffi bersama dengan Laudya Chintya Bella, Chelsea Olivia Wijaya, Dimas Beck dan Ayushita. Singel pertama mereka, Let’s Dance Together diterima baik di pasaran. BBB kemudian membintangi film berjudul Bukan Bintang Biasa the Movie yang disutradarai oleh Lasja Fauzia. BBB kembali dengan singel baru berjudul Bukan Bintang Biasa yang sangat digemari remaja. Duet Raffi dengan Ayushita dalam lagu Jangan Bilang Tidak dijadikan singel selanjutnya.

Pada tahun 2008, karier akting Raffi semakin bersinar. Ia tampil di film besutan Rudi Soedjarwo bertajuk Liar dan Asoy Geboy. Kemudian, namanya makin melambung ketika ia membawakan program musik Dahsyat bersama dua artis multi-talenta Luna Maya dan Olga Syahputra. Di penghujung tahun, Raffi bersama BBB meluncurkan singsl baru berjudul Putus Nyambung dan ternyata mendapatkan respon bagus di pasaran. Ini sekaligus menepis anggapan bahwa BBB hanya grup vokal sesaat.