Kam. Sep 29th, 2022

Kegiatan iktikaf biasanya diisi dengan tadarus Al-Qur’an, berdzikir, mendengarkan kajian Islam, serta mendirikan salat wajib, tarawih, hingga tahajud. Di Kota Bandung sendiri, terdapat beberapa masjid yang membuka kegiatan iktikaf bagi jamaah maupun masyarakat umum. Tempatnya luas, nyaman, dan bersih sehingga recommended untuk kegiatan ini. Berikut daftar masjid di Bandung.Yuk kita simak info selengkapnya.

Daftar Masjid Di Daerah Bandung!

1.Masjid Raya Bandung

Salah satu tempat wisata religi masjid di Bandung yang pertama tentunya adalah Masjid Raya Bandung. Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan.

Jika kamu berkunjung ke alun-alun Bandung, tak ada salahnya untuk mampir ke masjid kebanggaan warga Bandung ini. Terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

Masjid yang memiliki arsitektur yang megah dan modern ini merupakan ikon kota Bandung. Masjid ini selalu ramai dikunjungi warga. Selain untuk beribadah, masyarakat juga bisa bersantai di halaman berumput sintetis sambil menikmati jajanan maupun foto-foto.

2. Masjid Al-Imtizaj

Selanjutnya ada masjid bergaya khas China bernama Masjid Al-Imtizaj. Selain arsitekturnya yang dibuat mirip bangunan khas China, pemilihan warna catnya juga cerah, yakni kuning dan merah. Meski jika dilihat sekilas bangunannya mengingatkan akan kelenteng, tapi di bagian gerbangnya ada kubah, sehingga membuatnya mirip dengan masjid pada umumnya. Bagi yang ingin mampir, alamatnya ada di ABC St Nomor 8, Braga, Sumurbandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga : Beragam Souvenir Di Bandung

3.Masjid Salman ITB

Masjid yang dapat menampung 1.500 jamaah. Salman ITB ini terbuat dari kayu Jati sehingga suasan adem menyelimuti saat memasuki masjid. Atap Masjid yang terbuat dari beton dan berbentuk cekung layaknnya sebuah cawan. Seseorang yang sedang berdoa dengan tangan yang mengadah ke atas menjadi makna dari Atap. Suasana masjid yang begitu tenang, adem, nyaman menjadi salah satu alasan jamaah datang ke masjid ini selain digunakan sebagai tempat ibadah, juga dapat dijadikan sebagai tempat belajar dan diskusi yang selalu disinggahi.

4. Masjid Al-Jabar

Masjid Al Jabar berdiri di atas lahan seluas 25,9 hektare Di Gede Bage Bandung. Dirancang oleh Ridwan Kami, pembangunan masjid megah ini ditargetkan rampung akhir 2022. Saat ini proses pembangunan telah memasuki tahap finishing.
Masjid dengan konsep terapung ini bakal dilengkapi dengan Museum Rasulullah, Museum Asmaul Husna dan Museum Al-Quran. Selain itu akan dilengkapi tempat simulasi manasik haji.