Rab. Okt 5th, 2022

Begitu banyaknya Kuliner di Kota Bandung tak membuat makanan khas asli Kota Kembang ini sepi peminat. Makanan yang banyak dijual di sekitaran Kota Bandung ini biasa disebut Karedok yang berbahan sayur-sayuran mentah dan segar.

Semua Komposisi karedok ini berasal dari sayuran, makanya anda pasti akan menemukan beberapa sayuran dalam satu makanan. Sayuran tersebut antara lain taoge, mentimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, serta terong. Sayuran-sayuran tersebut akan dicampurkan dengan saus kacang gurih serta pelengkap sajian karedok.Perlu anda ketahui, Nama Karedok itu sendiri merupakan nama Desa dari sebuah perkampungan yang terletak di seberang sungai Cimanuk, konon makanan tersebut berasal dari Desa Karedok yang berada di Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang.

Karedok Merupakan makanan yang mengandung sayur-sayuran alami, maka tak jarang jika banyak orang menyebut makanan ini sebagai makanan sehat. Salah satu bahan dari karedok adalah taoge, taoge dipercaya mampu membantu mmperlambat proses penuaan dini, meningkatkan kesuburan, baik untuk kesehatan lambung, membantu menghaluskan kulit, mengurangi kadar kolestrol bahkan mampu mencegah penyebaran sel kanker.

1. Dapur Sangkuriang

Dapur Sangkuriang yang terletak di Jalan Karangsari No. 5, Setiabudhi, Bandung ini merupakan restoran bernuansa tradisional Sunda. Di restoran ini, Anda bisa memilih mau makan di bagian utama restoran atau di gazebo yang terbaut dari bambu. Ketika memasuki restoran ini, Anda akan langsung disambut oleh alunan musik Sunda yang membuat suasana makan terasa lebih tenang.

Di restoran ini Anda tak hanya bisa menikmati karedok yang lezat, tapi juga menu lainnya seperti Chinese food, sup ikan, toge ikan asin, ikan bakar, ayam penyet, sup buntut, bihun goreng, nasi timbel dan sayur brokoli. Semua hidangan tersebut bisa Anda nikmati dengan membayar Rp. 30.000 – Rp. 40.000 saja. Tak hanya hidangan karedok khas Bandung, Dapur Sangkuriang juga menawarkan keindahan pemandangan alam sekitar yang menyejukkan. Di malam hari, suasana restoran terasa lebih romantis sehingga banyak dikunjungi para remaja.

2. Lotek Tjihapit

Satu lagi kedai lotek enak di Bandung yang sayang jika dilewatkan begitu saja, yakni Karedok Tjihapit. Warung ini menawarkan Karedok legendaris yang rasanya nendang banget. Cita rasa dan kelezatan Karedok Tjihapit ini sudah terkenal sejak tahun 1970 silam, lho.

Pada jam makan siang, Karedok Tjihapit ini selalu ramai diserbu pengunjung. Kalau ingin makan dengan tenang dan cepat, sebaiknya kemari sebelum atau setelah jam makan siang. Tak hanya menyediakan lotek saja, warung ini juga menjual menu makanan rumahan lainnya. Penasaran dengan kelezatan Karedok Tjihapit? Kunjungi tempatnya di Jalan Cihapit 8A, Bandung.

3.Karedok Katamso

Referensi karedok enak di Bandung selanjutnya adalah Lotek Karedok Katamso yang berlokasi di Jalan Bridjen Katamso, Asia Afrika, Bandung. Warung karedok yang buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 22.00 ini menawarkan karedok khas Bandung yang terkenal lezat. Bahkan karena kelezatannya, warung ini hampir tak pernah sepi pengunjung.

Warung kaki lima Lotek Karedok Katamso selalu ramai pengunjung bukan hanya karena kelezatannya saja, tapi juga karena harganya yang murah. Untuk setiap porsi nasi dan karedok harganya hanya sekitar Rp. 7.000 saja. Porsinya pun cukup banyak sehingga cocok banget buat pengunjung yang berdompet tipis. Kombinasi sayuran segar seperti kacang panjang, kubis, tauge, mentimun, kerupuk, bawang goreng dan siraman sambel kacangnya terasa pas tak terlalu pedas maupun manis.