Kam. Sep 29th, 2022

 

Batagor / Tagor (akronim dari baso tahu goréng) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Sebelum lanjut jangan lupa baca juga artikel mengenai makanan bandung yaitu Serabi dan pastikan kalian coba ya!

Sejarah

Batagor mulai muncul di berbagai kota di Indonesia pada tahun 1980-an, dan diyakini pertama kali dibuat pada tahun 1968 di Bandung.[4] Menurut sebuah kisah, batagor pertama kali dibuat untuk menyelamatkan bakso-bakso yang tidak laku. Konon suatu hari seorang pedagang bakso tidak laku, dan penjualnya memiliki sisa bakso yang terlalu banyak. Untuk mengurangi kerugiannya, dia kemudian memiliki ide untuk menggiling bakso, memasukkannya ke dalam tahu, menggorengnya, dan menyajikannya dengan sambal kacang seperti siomay atau ngo hiang. Ide ini kemudian menciptakan hidangan baru bakso tahu goreng (bakso goreng dan tahu), disingkat “batagor”

Resep batagor

Bahan:
– 15 lembar kulit pangsit
– 5 buah tahu putih ukuran kecil, dibelah dua segitiga dikeruk tengahnya
– Minyak untuk menggoreng
– 300 gram ikan tenggiri, haluskan
– 3 buah daun bawang, iris tipis
– 3 siung bawang putih, haluskan
– 1/2 sendok teh penyedap rasa
– 1 sendok teh garam
– 1/4 sendok teh merica bubuk
– 2 sendok teh gula pasir
– 3 putih telur
– 150 ml air es
– 150 gram tepung sagu
– 25 gram tepung terigu protein sedang

Bahan sambal kacang:
– 200 gram kacang tanah kulit goreng
– 5 siung bawang putih, goreng
– 6 buah cabai merah keriting, goreng
– 5 sendok makan gula merah
– 1/2 sendok makan garam
– 650 ml air hangat
– 2 sendok makan air asam jawa (dari 1 sendok makan asam jawa dilarutkan dalam 2 sendok makan air)

Cara membuat batagor :
1. Campur ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan daun bawang, bawang putih, penyedap rasa, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masukkan dalam chopper. Blender supaya lebih halus dan tercampur rata.
2. Masukkan putih telur dan air es. Blender kembali. Lalu tambahkan tepung sagu dan tepung terigu. Blender sampai tercampur rata.
3. Bagi menjadi 2 adonan. Satu bagian isi ke dalam tahu putih. Sisanya masukkan dalam kulit pangsit. Rekatkan sisi kulit pangsit dengan air. Bentuk segi empat.
4. Panaskan kukusan. Kukus adonan selama 30 menit dengan api sedang sampai matang. Dinginkan.
5. Setelah dingin, goreng siomay dan batagor dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Tiriskan.
6. Sambal kacang: haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tambahkan air hangat dan aduk rata. Lalu masak sambal kacang sambil diaduk sampai kental. Setelah mengental, tambahkan air asam Jawa. Aduk rata. Matikan api.
7. Sajikan batagor dengan siraman sambal kacang dan bahan pelengkapnya.