Rab. Okt 5th, 2022

 

Seblak adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat, terutama di wilayah pulau Jawa bagian barat. Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan toping biasa di gerobak. Seblak berkembang menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan penjualan.

Sebelum lanjut jangan lupa baca juga artikel mengenai makanan bandung yaitu Batagor dan pastikan kalian coba ya!

Asal usul

Seblak mulai populer sekitar tahun 2000an yang berasal dari Cianjur yang sudah ada sebelum jaman kemerdekaan di wilayah Parahyangan. Namun yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adalah seblak pada umumnya menggunakan kerupuk oren dengan bumbu cikur atau khas Sunda dan disajikan dengan kuah pedas.

Jenis seblak

Seblak kering : (walaupun agak jarang ditemukan), adalah kerupuk pedas mirip dengan basreng (bakso goreng).
Seblak basah : seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak tulang ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiau, seblak siomay, seblak snack, seblak kikil, seblak telur, dll.

Bahan
– 1 gelas kerupuk aci/kerupuk kanji mentah warna putih
– Air panas untuk merendam
– 2 butir telur ayam
– garam secukunya
– gula pasir secukupnya
– kaldu ayam bubuk secukupnya
– 1 batang daun bawang, iris halus
– 1 sdm minyak goreng untuk menumis
– 1 buah sosis sapi, potong bulat diameter 1-2 cm
– 3 buah bakso sapi, potong bulat tipis
– Bawang goreng secukupnya

untuk taburan Bumbu halus
– 3 siung bawang putih
– 2 butir bawang merah
– 2 cm kencur
– 5 buah cabai keriting
– 10 buah cabai rawit

Cara membuat seblak kuah pedas isi komplet :
1. Rendam kerupuk dalam air panas hingga berwarna bening. Angkat dan tiriskan. Rebus kerupuk sebentar hingga lunak. Angkat dan tiriskan. Masukkan ke dalam air panas, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan telur, aduk hingga berbutir-butir.
3. Tambahkan bakso sapi, sosi sapi, dan kerupuk kanji. Aduk rata. Masukkan daun bawang, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.
4. Tuang air, masak hingga bumbu meresap dan bahan matang. Angkat. Dinginkan sejenak, masukkan ke dalam kemasan. Beri taburan bawang goreng.