Kam. Sep 29th, 2022

Terkenal dengan segudang destinasi wisatanya yang menarik, Kota Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera. Bentuknya unik-unik dengan rasa yang menggoyang lidah.

Dari sekian banyak kuliner makanan khas Bandung, ada beberapa yang paling enak dan populer. Berikut makanan khas Kota Bandung yang harus kamu cicipi saat liburan ke sana.

Makanan Khas Bandung Yang Bikin Kamu Ngiler !

1. Siomay

Ngomongin makanan khas Bandung, tentu aja enggak bisa tanpa ngomongin siomay. Makanan yang merupakan revolusi dari salah satu varian dimsum khas Chinese, shumai, ini memang lezat banget: berupa dumpling dengan luaran kulit khas yang diisi dengan adonan dari ikan tenggiri dan dimasak dengan steam. Ia lalu disajikan dengan bumbu kacang yang Indonesia banget – beda dengan dimsum shumai yang disajikan dengan saus cabai.

Meski siomay sudah bisa mudah ditemukan di daerah lain, tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan Bandung sebagai pusatnya siomay enak. Enggak harus di tempat terkenal, siomay pinggir jalan di Bandung pun rata-rata lezat.

Oh ya, jangan bingung ya kalau menemukan istilah baso tahu di pedagang-pedagang siomay di Bandung, ya. Soalnya baso tahu adalah sebutan dari orang Bandung untuk makanan khas ini.

Baca Juga : Inilah Tempat Wisata Murah Meriah Di Bandung !

2. Bandros

Bandros adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung beras, parutan kelapa, dan santan. Makanan khas ini mirip banget dengan kue pancong yang merupakan kue tradisional Betawi – beberapa sumber bahkan menyebut enggak ada perbedaan bahan di antara keduanya.

Meski begitu, menikmati Bandros di taman sambil menikmati sore di Bandung jelas pengalaman yang gak bisa kamu dapatkan di kota lain. Gurihnya kelapa di lembutnya bandros memang tiada duanya.

3. Tahu Susu Lembang

Kalau Anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mendatangi daerah Lembang. Ada satu makanan khas Bandung yang banyak ditemui di sana, yaitu tahu susu. Tahu susu Lembang ini sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan khas Bandung yang satu ini sering cepat habis karena banyak yang membelinya.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bandung ini dibuat menggunakan kedelai kemudian ditambah dengan susu murni yang menciptakan rasa gurih dan lembut saat masuk ke mulut. Tidak hanya itu, tahu ini pada bagian dalamnya lebih padat sehingga lebih mengenyangkan saat dimakan, berbeda dengan tahu Sumedang yang di dalamnya tak ada isiannya. Untuk dapat menikmatinya, tahu ini bisa langsung dinikmati atau digoreng terlebih dahulu, dan lebih enak jika dicocol sambal.