Kam. Sep 29th, 2022

Kebun teh Rancabali sudah beberapa tahun terakhir ini seperti menjadi obyek wisata baru bagi kalangan wisatawan. Berada di salah satu wilayah Bandung Selatan, Ciwidey, kebun teh ini mampu menyedot perhatian para pecinta wisata alam.

Perkebunan Teh Rancabali

Suasana asri berpadu kesejukan kala pagi membuat hamparan kebun teh ini memang layak jadi tempat mampir. Lokasinya juga sangat mudah dikunjungi karena berada di samping jalan raya. Pengunjung tidak perlu repot karena tinggal menepikan kendaraan langsung sampai di kawasan wisata keren ini.Untuk bisa menikmati suasana sejuk perkebunan teh ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Hanya saja, jika Anda berkunjung bersama sahabat atau keluarga kami rekomendasikan untuk mengagendakan waktu ke pabrik teh yang ada disana.

Baca Juga : Green Kenyot Cikahuripan

Deretan pohon teh Perkebunan Teh Rancabali yang terletak tepat di pinggir jalan terhampar luas dengan pucuk nyaris rata. Berbeda dengan beberapa perkebunan teh yang berada di daerah Puncak, Perkebunan Teh Rancabali ini umumnya pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan.

Susunan pohon teh yang rapat dan rapi, menjadikannya seperti hamparan luas permadani hijau segar yang sangat sejuk dan nyaman dipandang. Memetik daun teh dan merawat pohon teh mungkin merupakan hal yang berbeda, dan bisa dilakukan oleh orang berbeda pula.

Cukup dengan membayar 5 ribu rupiah Anda sudah punya akses masuk pabrik. Sementara jika perlu pemandu, cukup tambahkan 30 ribu rupiah saja. Dijamin Anda akan tahu banyak hal soal pengolahan teh mulai dari pembibitan, perawatan hingga pengemasan.Perlu Anda ketahui, sebenarnya di wisata ini tidak ada jam buka-tutup. Hanya saja jika Anda ingin jajan dan menikmati kuliner, warung di sekitar lokasi buka mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB. Jadi Anda sesuaikan saja jam liburan Anda disana.

Harga Tiket Perkebunan Teh Rancabali

Area kebun teh Rancabali sendiri tidak memiliki jam operasional dan tiket jika terkait dengan lokasi wisata. Karena terhampar di pinggir jalan. Sehingga pengunjung bisa berkunjung kapan saja dengan memarkirkan kendaraannya secara rapi di pinggir jalan.

Daya Tarik Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey termasuk ikonik mewakili indahnya pemandangan alam Bandung Selatan. Hamparan hijau terasering perkebunan teh nampak menawan di sejauh mata memandang. Udaranya sejuk, suasananya pun menenangkan. Tempat retreat terbaik untuk sejenak menjauhkan diri dari rutinitas harian.

Begitulah adanya, perkebunan teh yang telah ada sejak tahun 1870 ini selalu menakjubkan sejak awal sejarahnya. Aset Belanda ini telah mengalami nasionalisasi dalam pengelolaan PTPN VIII. Luas kebunnya mencapai 3.549 ha dengan elevasi 1.400-1.900 m dpl. Oleh karena itu udaranya pun sejuk, rata-rata 18-25 derajat celcius.