Kam. Sep 29th, 2022

NuArt Sculpture Park adalah sebuah museum galeri seni patung yang terletak di bagian Bandung Utara, Jawa Barat, Indonesia. NuArt Sculpture Park ini berlokasi di Jalan Setraduta KII/11, Bandung, Jawa Barat ini merupakan lokasi wisata seni yang ada di Bandung. NuArt Sculpture Park pertama kali dibuka pada tahun 2000. Tempat ini merupakan pusat seni patung karya Nyoman Nuarta. Di dalam gallery menampilkan karya – karya patung hasil Nyoman Nuarta dari awal karier hingga karya terbaru sebagai pemeran utama. Selain museum gallery, disini juga merupakan tempat proses pembuatan patung karya Nyoman Nuarta itu sendiri.

Asal Mula NuArt Sculpture Park

Berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, lokasi wisata ini sarat akan ratusan patung yang bikin mata terbelalak. Mulanya, Nuarta mendirikan lokasi ini karena miris melihat wajah Kota Bandung di bagian Selatan yang mulai langka akan pepohonan.

Hanya dengan bermodalkan fulus yang tipis, Nuarta memberanikan diri untuk bertanggung jawab mengembalikan kedigdayaan alam dari Selatan Bandung. Kerja kerasnya pun berhasil terbayar lunas. Sejak dibuka buat umum tahun 2000 silam, Nuarta berhasil mendirikan taman yang bisa dinikmati sembari menyaksikan karya seni patung nan indah.

“Kita ini memang dari dulu pengen Hutan kita buat taman. Menggabungkan antara seni budaya dan alam. Itu selalu begitu. Karena kita pikir begiini. Kalau kita lihat sekarang di Bandung, agak ke Selatan, hampir tidak lihat ada pohon

Harga Tiket dan Jam Buka NuArt Sculpture Park

Untuk menikmati karya seni yang ada di NuArt Sculpture Park, pengunjung harus memperhatikan harga tiket dan jam operasionalnya. Harga tiket NuArt Sculpture Park untuk dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun adalah Rp 25.000 per orang. Sementara untuk bisa berkunjung, reservasi tiket harus dilakukan minimal sehari sebelum waktu kunjungan sesuai sesi yang tersedia. Dengan jam buka NuArt Sculpture Park dari pukul 09.00-17.00 WIB, pengunjung akan dibagi ke dalam empat sesi. Sesi 1 dimulai dari jam 09.00-11.00 WIB, sesi 2 dimulai dari jam 11.00-13.00 WIB, sesi 3 dimulai dari jam 13.00-15.00 WIB, dan sesi 4 dimulai dari jam 05.00-17.00 WIB. NuArt Sculpture Park juga buka setiap hari Rabu hingga minggu dan tutup setiap Senin dan Selasa, atau sesuai kebijakan pengelola.

Atraksi & Ekshebisi NuArt Sculpture Park

Taman patung ini adalah galeri yang khusus memamerkan mahakarya pemahat Nyoman Nuarta sejak awal karir hingga karya-karya teranyar. Menempati areal taman seluas 3 hektar dirancang khusus untuk menumbuhkan karya seni, desain dan budaya Indonesia.

Puluhan patung-patung eksotis bisa disaksikan baik di dalam galeri dan juga di luar ruangan (Sclupture Park). Dengan konsep taman artistik berpadu dengan rimbunnya pepohonan, menjadi tempat yang tepat untuk rileks dari kesibukan kota.