Rab. Okt 5th, 2022

Taman atau Bukit ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan nya dapat dilihat dari bentuk pohon cemara yang berbeda. Tidak sama seperti pada umumnya, pohon cemara di bukit ini memiliki ukuran pendek dan menyerupai jamur. Pasti, Anda dapat membayangkan betapa imut nya pohon itu.
Meskipun namanya adalah “Bukit Jamur”. Namun pada kenyatannya tempat wisata ini bukan merupakan perbukitan yang dipenuhi dengan jamur di dataran tinggi.

Bukit Jamur Ciwedey

Melainkan, bukit jamur ini adalah sebuah tempat wisata taman unik yang ada di kota Bandung.Di mana di tempat ini banyak ditumbuhi dengan pohon cemara dengan ukuran yang tak biasa. Yaitu pendek dan kerdil menyerupai jamur payung.Selain pohon cemaranya yang berbentuk seperit jamur payung. Kawasan tempat wisata ini juga berada di dataran tinggi Ciwidey dengan bentuk arealnya yang unik yaitu datar berbentuk setengah lingkaran.Maka dari itu, karena adanya berbagai pohon cemara itulah tempat ini dinamakan sebagai “Bukit Jamur Ciwidey”.

Bukit jamur ini juga kerap disebut sebagai Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey yang menjadi salah satu spot instagramable di kota Bandung.Bukit Jamur, nama ini diberikan bukan tanpa sebab. Mungkin sebagian orang yang baru mengetahui tempat ini, akan mengira bahwa bukit ini penuh dengan jamur yang tumbuh. Namun hal tersebut memang salah besar.Nama jamur diambil dari bentuk dan pepohonan yang ada di bukit ini. Bukit yang berada di Bandung ini berbentuk setengah bola. Letaknya berada di dataran tinggi dan dipenuhi dengan pohon cemara berbentuk jamur.

Itu mengapa masyarakat setempat selalu menyebut tempat ini sebagai bukit atau taman jamur. Berbicara mengenai kondisinya, udara di sekitar bukit ini cukup dingin. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada dataran tinggi dan dipenuhi dengan pepohonan hijau.

Baca Juga : Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung

Alasan lain yang menyebabkan suhu di sini cukup dingin adalah karena letaknya yang berada di kaki Gunung Patuha dan Gunung Tilu.
Rute menuju Bukit Jamur Ciwidey Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Bukit Jamur Ciwidey, terlebih dahulu bisa menuju ke Kecamatan Ciwidey. Ade menyarankan dari Kecamatan Ciwidey, wisatawan menuju ke Simpang Ciwidey Margamulya. Selanjutnya, menuju ke arah Desa Rancabolang. Dalam perjalanan, wisatawan akan menemui Curug Tagog. Lalu, sebagai patokan lokasi Bukit Jamur Ciwidey adalah SD Negeri Kendeng. Lama perjalanan dari pusat Kecamatan Ciwidey menuju Bukit Jamur Ciwidey sekitar satu jam. “Kalau pakai google maps jalur diarahkan masuk ke jalan Baratunggul. Sama saja sebetulnya, cuma lebih enak jalan dari persimpangan Simpang (Simpang Ciwidey Margamulya),”

Daya Tarik Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Wisata ini dinamakan bukit jamur karena terdapat banyak pohon cemara dengan ukuran yang lumayan kecil dan berbentuk seperti jamur payung. Pohon-pohon yang terawat ini memberikan pemandangan yang indah dan sangat bagus untuk di foto, bahkan tempat ini juga telah di gunakan untuk foto prewedding oleh beberapa pasangan dikarenakan pemandangannya yang kece abis.

Selain view pohon-pohon yang berbentuk seperti jamur, anda juga dapat melihat pemandangan lain seperti gunung, kebun teh, bahkan Pada pagi hari di bukit jamur rancabolang ini akan terdapat kabut yang membuat pemandangan menjadi lebih indah dan pastinya jarang anda dapatkan jadi bagi kalian yang ingin mendapatkan view kabut dapat berkunjung di pagi hari.