Rab. Okt 5th, 2022

Bandung adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan segudang tempat wisatanya, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Selain itu, juga masih terdapat jenis wisata lainnya yang dapat Anda temui di kota ini. Wisata yang dimaksud ialah dengan berkunjung ke museum yang ada di Kota Bandung. Lalu apa saja museum yang ada di kota ini? Mari simak ulasannya berikut ini

Daftar Museum Di Bandung Yang Cocok Di Jadikan Destinasi Wisata Kamu!

1. Museum Pos Indonesia

Museum Post Indonesia awalnya dibuka pada tahun 1931 dan diberi nama Museum Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT). Pada saat itu, sebagian besar koleksinya berupa perangko yang berasal dari dalam dan luar negeri. Namun, selama perang dunia ke II museum ini menjadi tidak terawat dengan baik.

Hingga pada 27 September 1983, museum ini mengalami pembaharuan dan diresmikan oleh MENPARPOSTEL. Saat ini, koleksi-koleksi yang ada di Museum Pos Indonesia bukan hanya perangko melainkan seluruh benda-benda yang berkaitan dengan sejarah pos dari masa ke masa.

Koleksi tersebut berasal dari masa Kompeni dan Bataafsche Republi selama tahun 1707-1803, masa pemerintahan Daendels pada 1808-1811, masa pemerintahan inggris pada 1811-1816, masa pemerintahan Hindia Belanda pada 1866-1942, masa Jepang pada 1942-1945, dan masa kemerdekaan. Museum Pos Indonesia terletak di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat PT. Pos Indonesia, terletak di Jl. Cilaki 73, Bandung.

2. Museum Sri Baduga

Museum di Bandung selanjutnya adalah Museum Sri Badunga yang memiliki koleksi Geologi, Etnografika, Arkeologi, Biologi, Sejarah, Numismatika, Heraldika, Keramikologika, Filologika, Seni Rupa, dan Teknologika. Dengan banyaknya jenis koleksi di museum ini, tentu wisata museum di Bandung satu ini wajib Kalian kunjungi.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Kawasan Dago Bandung !

3. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan dokumen hingga foto berbagai peristiwa penting (Foto: tourbandung.id) Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan dokumen hingga foto berbagai peristiwa penting

Kalau ingin belajar sejarah, jangan lewatkan Museum Konferensi Asia Afrika di kawasan Braga, yang juga dikenal dengan nama Gedung Merdeka. Museum yang diresmikan tahun 1980 ini menjadi tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika. Di sini, dipamerkan bermacam foto dokumentasi dan replika penyenggaraan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Termasuk bendera negara-negara yang hadir, patung, dan lainnya.

Museum buka mulai pukul 08.00-16.00 pada hari Sabtu-Kamis, sedangkan hari Jumat pukul 14.00-16.00. Tiap Senin museum ini tutup. Tidak ada biaya untuk masuk ke sini.

4. Museum Geologi Bandung

Di Museum Geologi Bandung ini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi fosil, bebatuan, serta berbagai macam peta, seperti peta geologi, geofisika, dan gunung Merapi. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan replika binatang purba yang epik dan mampu membuat mata mu terpukau!

Kamu hanya perlu menyiapkan uang 3.000 rupiah saja untuk masuk ke Museum Geologi Bandung. Setelah puas mengelilingi wisata museum Bandung ini, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berwisata kuliner mencicipi makanan-makanan lezat di Bandung. Jangan lupa untuk mengecek beragam restoran dan kuliner yang ada di sekitar Museum Geologi Bandung ini, ya!