Kam. Sep 29th, 2022

Jika berbicara tentang tempat-tempat wisata yang sedang populer di Bandung, maka wisata pegunungan dan Jalan Braga Bandung juga termasuk ke dalamnya. Sudah menjadi kewajiban para traveller untuk singgah disalah satu tempat wisata tersebut. Tidak hanya karena keindahannya tetapi wisata tersebut juga sangat terawat sehingga akan menambah rasa nyaman dan aman ketika mengunjunginya.

Salah satunya adalah Wana Wisata Gunung Puntang di daerah Banjaran, Bandung selatan. Di tempat ini terdapat sarana dan prasarana wisata alam yang lengkap. Mulai dari bumi perkemahan, sungai yang jernih, jalur hiking mendaki ke puncak, air terjun, hingga wisata sejarah berupa peninggalan bangunan bekas radio zaman Hindia Belanda.

Wisata pegunungan yang menjadi wisata alam dengan daya tarik tersendiri terdapat di Bandung bagian selatan. Salah satu gunung tersebut patut kalian masukkan ke dalam daftar destinasi wisata alam keren dan menakjubkan. Gunung populer tersebut bernama Gunung Puntang. Kawasan pegunungan ini sudah sejak lama dijadikan tempat wisata alam dan hingga kini masih menjadi wisata yang ramai dikunjungi.
Gunung Puntang adalah gunung yang berada di kawasan Kabupaten Bandung. Lokasi tepatnya berada di Kampung Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Jaraknya sekitar 30 kilometer berkendara dari Kota Bandung ke arah selatan.

Baca Juga : Rekomendasi Kebun Teh Di Daerah Bandung

Reputasi Gunung Puntang sebagai tujuan wisata sudah tidak perlu diragukan lagi. Gunung ini sudah populer sebagai destinasi pendakian, berkemah, dan rekreasi alam lainnya. Keindahan alamnya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Wahana alamnya yang bervariasi pun sangat cocok untuk liburan sendiri atau keluarga.

Harga Tiket Masuk

Sistem tiket masuk Gunung Puntang dibedakan untuk pengunjung lokal dan mancanegara. Tiket masuk bagi pengunjung yang ingin berkemah juga dibedakan. Sedangkan untuk tiket masuk ini tidak berlaku untuk kegiatan khusus seperti syuting atau pre-wedding.

Lokasi

Gunung Puntang berada sekitar 38 kilometer di selatan Kota Bandung. Untuk menuju ke sini, paling nyaman memang menggunakan kendaraan pribadi.Jika kamu naik mobil, ambil Jalan Tol Soreang-Pasir Koja dan keluarlah di Soreang menuju Jalan Raya Gading Tutuka. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Pangalengan hingga Cimaung, dan kamu pun tiba di Jalan Gunung Puntang.Jika kamu pergi naik sepeda motor, kamu bisa mengambil jalur via Jalan Dayeuhkolot, terus ke selatan melewati Cikupa via Jalan Raya Banjaran. Teruslah ke selatan di Jakan Mekar Jaya-Sindang Panon dan kamu akan tiba di Jalan Gunung Puntang.Sepanjang jalan, kamu akan dimanjakan oleh suasana hijau persawahan dan udara yang semakin sejuk!