Kam. Sep 29th, 2022

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran dan Pananjung, sekitar 222 km dari selatan Bandung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.Pantai ini terkenal karena keindahan pasir hitam dan pasir putihnya dan berada di sekitar area Cagar Alam Pananjung Pantai Pangandaran pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai Pantai terbaik di provinsi Jawa Barat.Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan, oleh kerena itu, dulu pantai ini mendapat julukan sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pantai Pangandaran dinobatkan sebagai salah satu pantai tercantik di Pulau Jawa. Pantai Pangandaran memiliki bentangan pantai yang luas. Pantai ini telah menjadi objek wisaya Pangandaran sejak tahun 2012.Pangandaran merupakan bagian dari selatan Pulau Jawa yang terkenal karena ombak besarnya. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang lautnya yang relatif lama.

Ombak pemandangan yang tenang dan pemandangan matahari yang spektakuler membuat pantai ini begitu menawan terlebih ketika sore hari.Kawasannya terbagi menjadi dua bagian yakni pantai Pangandaran Barat dan pantai Pangandaran timur. Keduanya dipisahkan oleh daratan yang menjorok jauh ke lautan atau yang biasa disebut sebagai teluk.

Pantai Pangandaran memiliki keistimewaan, yaitu pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama. Kondisi ini memungkinkan orang untuk berenang lebih lama.

Selain itu, wisata malam di Pantai Barat pun tak kalah menarik. Wisatawan dapat menyewa odong –odong (red- mobil gowes) untuk berkeliling kawasan wisata. Riuh tawa pecah ketika wisatawan harus mengayuh ekstra di jalan tanjakan. Tak hanya itu, kerlap – kerlip lampu odong-odong dan suara musik yang diputar pun semakin memeriahkan suasana wisata malam.

Baca Juga : Cerita Sangkuriang dan Asal-Usul Gunung Tangkuban Perahu

Berbeda dengan Pantai Barat, di Pantai Timur wisatawan dapat melihat sunrise ketika cuaca bersahabat dan bermain water sport seperti banana boat. Di kawasan ini, wisatawan juga dapat menemukan beragam tempat kuliner seafood dan olahan seafood goreng sebagai buah tangan untuk sanak keluarga atau sahabat di rumah. Tak hanya itu, di pagi hingga siang hari wisatawan dapat melihat rutinitas masyarakat nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan jaring ered. Sebuah kearifan lokal yang juga menjadi daya tarik wisata tentunya.

Akses rute jalan ke Pantai Pangandaran

Ada banyak cara menuju Pangandaran, mulai dari jalur darat hingga udara. Misalnya kalau dari Jakarta, kamu bisa naik bus Gapuraning Rahayu selama tujuh jam. Harganya sekitar Rp90 ribuan.

Kalau ingin lebih cepat, ada penerbangan Jakarta-Pangandaran menggunakan pesawat milik PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air). Lama perjalanannya sekitar 45 menit dengan harga Rp824 ribuan.