Kam. Sep 29th, 2022

Indonesia dikenal sebagai negara dengan wisata alam berupa pantai yang banyak, beragam, sekaligus memiliki daya tarik yang berbeda dan tidak ditemukan di tempat lain.Salah satunya, berbagai macam pantai dengan pesona alam tersendiri menjadikan sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan dari berbagai tempat dan daerah. Berbicara tentang pantai , Anda tentu mengenal pantai Ciantir.

Pantai yang terletak di kawasan Desa Wisata Sarwana ini memiliki pesona yang tak kalah dengan pantai Kuta di Bali.Sebuah pantai dengan hamparan horizon yang luas dan bentuk geografis pantai yang cenderung datar ini terletak tak jauh dari pusat kota .Lebih tepatnya, posisi Pantai Ciantir ini ada di kampung Gendol, sebuah kampung yang ada di desa Sawarna Kecamatan Bayah,.

Baca Juga : Klub Sepak Bola Bandung

Pantai ciantir sawarna memiliki panjang kurang lebih sekitar 65 km dengan laut yang biru dan air yang jernih, di hiasi pula dengan pasir putih yang membentang luas di seputar pantai dengan hijaunya pepohonan nan rindang. Keindahan wisata yang tersembunyi ini tidak ramai di kunjungi para wisatawan local, sehingga anda tidak perlu ragu untuk mencoba mendatangi lokasi pantai yang asri ini. Pantai ini terbagi atas dua perbedaan yaitu pantai yang mempunyai obak besar dan berombak kecil, lokasi pantai yang berombak besar berada pada sisi timur pantai sehingga paling cocok di gunakan para wisatawan yang menyukai aktifitas surfer dan berselancar dan menjadi pilihan yang sangat tepat, sementara yang berombak kecil berada pada sisi barat pantai, dan daerah ini mejadi lokasi yang aman untuk kalian yang hanya sekedar ingin menikmati panorama keindahan lautnya hanya cukup dengan melakukan berenang dan bermain air saja.

Lokasi Pantai Ciantir

Pantai Ciantir berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Jawa Barat. Tidak mengherankan jika kemudian pantai ini juga sering ditulis Pantai Ciantir Sawarna. Jika Anda berangkat dari Kota Jakarta, Anda bisa melakukan perjalanan menuju Cibadak dengan melewati rute Ciawi. Setelah tiba di Pelabuhan Ratu, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju kawasan Bayah. Di lokasi ini, sudah ada papan penunjuk arah ke Pantai Ciantir. Perjalanan menggunakan rute ini bisa Anda lalui dalam waktu 7 jam saja dengan berkendara, tergantung macet atau tidaknya jalur tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Ciantir

Untuk masuk Pantai Ciantir, wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp5.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya, seperti Pantai Tanjung Layar dan Pantai Gua Langir.Dengan harga tiket masuk yang terbilang murah, wisatawan bisa berlama-lama menikmati keindahan pemandangan yang ada di pantai ini. Biaya ini harus dibayar ketika melewati pintu masuk sebelum jembatan gantung.

Perlu diketahui juga bahwa pantai ini tidak bisa dilewati kendaran roda empat, jadi untuk mobil harus parkir sebelum jembatan gantung masuk pantai.