Kam. Sep 29th, 2022

Pantai Santolo memiliki hamparan pantai yang cukup luas dan berwarna putih bersih. Ditambah lagi dengan air lautnya yang sangat jernih berwarna kebiruan yang semakin memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya.Pasirnya sangat lembut ditambah deburan ombak yang sedang, seakan memberikan kesan damai dari alam. Tak heran jika Pantai Santolo merupakan salah satu obyek wisata yang direkomendasikan.

Jika kamu ke pantai jangan lupa untuk membawa baju pantai agar kamu bebas untuk melakukan aktivitas pantai. Seperti halnya bermain air dan pasir.Permainan ini dapat dilakukan oleh anak muda maupun dewasa dan anak-anak. Apalagi air lautnya jernih dan berpasir putih.Para pengunjung dapat bermain kejar ombak. Sedangkan untuk anak-anak dapat bermain pasir pantai.Kamu belum bisa menggunakan pantai ini secara bebas, karena ada kawasan yang tidak boleh digunakan untuk berenang bebas.

Jika kamu menemukan rambu-rambu peringatan yang dipasang maka jangan mendekat karena kawasan berbahaya. Sebaiknya kamu patuh terhadap peraturan agar selamat.

Baca Juga : 4 Contoh Cerita Rakyat Dari Bandung Jawa Barat

Pantai Santolo memiliki bentang pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih yang halus. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan semilir angin pantai yang menyejukan. Di sini wisatawan juga dapat beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai.Pantai ini cukup bersih dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Bibir pantainya memiliki karang dan laut yang surut. Hal tersebut membuat ombaknya tertahan di tengah, tidak sampai ke bibir pantai.

Untuk masuk lebih jauh ke kawasan pantai, wisatawan dapat menyebrang menggunakan perahu nelayan. Pantai Santolo merupakan bagian dari perkampungan nelayan, sehingga mudah menemukan perahu yang dapat disewakan.

Menaiki perahu nelayan setempat, wisatawan akan menikmati sensasi ombak pantai selatan yang menantang. Dari atas perahu, wisatawan dapat menikmati pemandangan birunya laut sejauh mata memandang. Biota laut pun dapat diamati sambil menikmati panorama sekitar ditemani sejuknya pepohonan menghijau.

Perahu mengajak wisatawan berkeliling pantai dan menyebrang ke Pulau Santolo. Di sana wisatawan dapat melihat jernihnya air laut dangkal dengan ombak cukup tenang. Ketika kembali menyusuri pantai ke arah penyeberangan, wisatawan akan menemukan gundukan karang yang besar.

Lokasi dan Rute

Pantai Santolo berada di daerah Kecamatan Cikelet,, Jawa Barat. Untuk sampai kesini dari pusat kota memerlukan waktu sekitar 3,5 jam. Jalanan menuju pantai ini tidak begitu bagus, karena banyak jalan berlubang dan cukup sempit.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket wisata Pantai Santolo cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 3.000-Rp5.000 per orang. Namun, harga tersebut bisa berubah tergantung kebijakan pihak pengelola wisata dan belum termasuk tiket parkir. Operasionalnya 24 jam.