Kam. Sep 29th, 2022

Kawasan wisata Pantai Sayang Heulang, Jawa Barat memang cukup memesona. Luasnya hamparan karang yang menjorok ke daratan, menjadikannya sebagai salah satu pantai pesisir selatan yang terbilang aman bagi pengunjung.Masuknya proses revitalisasi atau penataan kawasan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mampu mengubah wajah kawasan wisata pantai kebanggan warga Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, itu, bikin takjub.

Pantai Sayang Heulang dapat dikatakan pantai yang unik. Dimana, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, yaitu sejauh 3,5 kilometer. Dimana, luas keseluruhannya pun mencapai 10 hektar. Yang terdapat pasir pantai, batu karang, serta perbukitan dan tanaman pohon yang indah.

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu halus. Wisatawan dapat berjalan di atasnya karena sangat nyaman setiap kali menjejakkan kaki . Uniknya lagi, di pesisir pantai tidak hanya ada pasir putih, melainkan juga batu karang. Karang-karang ini ada yang berukuran besar, dan ada yang memenuhi permukaan pesisir.

Ombak yang datang cukup besar, namun terhalang dengan batuan karang di hadapan pantai. Pepohonan khas pantai turut menjadi pelengkap keindahan tempat ini. Ada tanaman pandan laut, serta semak dan pepohonan lainnya. Di sejauh mata memandang, terdapat pemandangan bukit yang dipenuhi dengan hijaunya pepohonan.

Ombak Pantai Sayang Heulang memang tidak bisa dikatakan bersahabat, namun tidak juga terlalu besar. Wisatawan masih tetap dapat menikmati serunya bermain air. Namun perlu diingat, bahwa di tepi pantai tidak hanya ada pasir. Meliankan juga batu karang yang memenuhi permukaannya.

Baca Juga : 5 Spot Gratis Prewedding Foto di Bandung

Dengan hati-hati, wisatawan dapat memijakkan kaki di atasnya. Di beberapa titik, permukaannya juga lebih dalam sehingga dapat berenang di atas batuan karang. Batu karang tampak kehijauan karena lumut dan tanaman air yang memenuhi permukaannya. Yang daunnya tampak menari-nari mengikuti gelombang air laut.

Lokasi Pantai Sayang Heulang

Kondisi jalan untuk menuju daerah tersebut cukup bagus, bisa dilintasi dua lajur kendaraan roda empat. Sepanjang perjalanan dapat menikmati keindahan alam pegunungan, perbukitan, kebun teh, dan hutan. Perjalanan melewati jalur selatan , sangat mengesankan.Setelah menyusuri jalur selatan , maka perjalanan akan berlanjut masuk ke jalur utama lintas selatan Jabar. Tidak jauh dari jalan raya itu sudah termasuk kawasan wisata Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang secara administrasi masuk Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk yang sebelumnya sudah menjadi kawasan objek wisata pantai dengan pengelolaan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten