Rab. Okt 5th, 2022

Alun-alun Bandung memang jadi destinasi favorit para pelancong. Selain bentuk tamannya yang menarik, tempat tersebut juga dikelilingi oleh pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan-jajanan kuliner ramah di kantong.

Sebagai pusat kota, Alun-alun Bandung juga sangat mudah untuk diakses dari berbagai penjuru dengan berbagai moda transportasi, baik itu dari Terminal Bus Leuwipanjang, Stasiun Kereta Api Bandung, ataupun Bandara Husein Sastranegara.Berikut ini adalah rekomendasi wisata dekat alun-alun Bandung.

1. Kawasan Penjara Banceuy

Kawasan Penjara Banceuy ini diresmikan kolonial pada 1871 dengan nama Bantjeuyweg. Dulu sebelum ada kendaraan bermotor, Banceuy dikenal sebagai tempat peristirahatan dan tempat mengganti kuda. Baca juga: 7 Tempat Kuliner Sekitar Alun-Alun Bandung, Jual Makanan sampai Es Krim Di tempat ini juga ada peninggalan Belanda, yaitu Penjara Banceuy yang merupakan situs penjara Ir Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Penjara menjadi saksi bisu bagaimana Ir Soekarno menyusun pledoi yang terkenal dengan sebutan Indonesia Menggugat.

Penjara Banceuy dibongkar pada 1983 dan dipindahkan ke Jl. Soekarno Hatta. Saat itu, pemerintah daerah menilai lokasi tidak sesuai dengan tata kota mengingat lokasi berada di tengah kota. Saat ini, kawasan Banceuy difungsikan sebagai pertokoan dan hanya menyisakan sel selama Bung Karno ditahan.

2. Jalan Asia Afrika

Jalanan legendaris di Bandung ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi para pelancong. Jalan ini terkenal karena merupakan kawasan bersejarah dan pusatnya kota tua di Bandung.Jalan Asia Afrika memiliki banyak spot foto yang instagramable, kamu bisa berfoto ria sambil menyusuri jalanan yang dikelilingi bangunan yang bernuansa tempo dulu.

Baca Juga : Rekomendasi Toko Olahraga Di Bandung

3. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Tempat wisata di dekat alun-alun Bandung ini juga ada Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Museum ini hanya berjarak sekitar 600 meter dari Alun-alun Kota Bandung. Bangunan yang berdiri pada tahun 1910 ini awalnya merupakan sebuah markas militer. Museum Mandala Wangsit Siliwangi menyimpan beragam koleksi peralatan perang Kodam Siliwangi saat melawan penjajah. Tak hanya itu, museum ini bahkan menghadirkan seragam yang digunakan untuk berperang.

4. Restoran Braga Permai

Ingin merasakan nikmatnya menyantap makanan dengan suasana tempo dulu? Maka restoran Braga Permai bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Restoran ini sudah berdiri sejak 1918, dan saat itu mengusung nama Maison Bogarijen hingga 1923. Dahulu, restoran ini menjadi tujuan favorit para petinggi Belanda. Braga Permai pun kini dinobatkan sebagai restoran yang tertua di kota Bandung, lho.