Rab. Okt 5th, 2022

Stone Garden Padelarang, berbicara tentang destinasi wisata di Bandung memang tidak pernah ada habisnya. Segala jenis wisata tentu ada disini, anda bisa bebas memilih jenis wisata apa yang anda inginkan. Nah belakangan ini terdapat wisata yang sangat unik dan mulai banyak digemari oleh masyarakat.

Stone Garden Bandung

Wisata ini adalah Stone Garden Padelarang. Semenjak Stonehange di Inggris banyak disorot oleh warga dunia, menjadikan destinasi wisata yang menyajikan situs batu sangat digemari masyarakat saat ini. Lalu seperti apakah destinasi wisata dengan situs perbatuan yang dimiliki oleh Jawa Barat ?

Tanpa membuat replika ternyata Jawa Barat sudah dengan alamiah memiliki situs batuan yang sangat indah yang saat ini dijadikan objek wisata yaitu Stone Garden Bandung. Area wisata ini terdiri atas hamparan tanah yang sangat luas dan terdapat situs batuan yang tersusun tidak beraturan namun justru terlihat sangat estetik. Susunan batu tersebut seolah membentuk sebuah taman alam yang sangat indah.

Baca Juga : Amazing Art World 3 D Bandung

Ingin menjajal wisata Bandung yang tidak biasa? Stone garden bisa jadi alternatifnya. Stone garden merupakan salah satu wisata bersejarah di wilayah Bandung Barat, dengan barisan pemandangan batu-batu karst raksasa yang tersusun rapi.Pemandangannya yang hijau seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Terlebih, lokasinya berada di daerah dataran tinggi kawasan Gunung Masigit, Citatah, Cipatat, Padalarang, yang memiliki ketinggian 908 mdpl.

Sejarah Stone Garden Bandung

Yang menarik lainnya, di lokasi ini dimitoskan erat dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, cerita turun temurun di Jawa Barat. Salah satu spot yang menjadi saksi sejarah urban legend ini adalah Gua Pawon.

Dalam sejarah stone Garden Bandung, dulunya tempat ini merupakan bekas danau pada zaman purbakala.Salah satu alasan kuat terbentuknya tempat ini adalah adanya gua Pawon yang terletak tidak jauh dari tempat tersebut.selain itu, gua tersebut juga digadang-gadang sebagai alasan kuat bahwa tempat ini merupakan peninggalan manusia pada zaman purba.

Selain penemuan gua Pawon, beberapa peneliti juga menemukan objek bersejara lain seperti Pasir Pawon Citatah dan beberapa peninggalan artefak sejarah manusia purba.

Penemuan tersebut juga diyakini sebagai cikal bakal penduduk Bandung asli yang berbentuk tulang, gigi binatang hingga sisa tulang.

Konon, kata pawon yang berarti dapur dari sebuah rumah ini merupakan sisa dari amukan Sangkuriang. Hasil amukan itulah yang konon, akhirnya menjadi bebatuan.

Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung

Tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata ini sangat murah. Harga tiket masuk bisa didapat dengan membayar hanya Rp12.000 saja. Selain itu jika pengunjung ingin berkemah dikenakan tarif khusus. Besarannya disesuaikan dengan lama waktu yang dihabiskan selama berkemah.