Sab. Jul 27th, 2024

Tebing Keraton atau lebih terkenal dengan Tebing Keraton berada di ketinggian 1200 Mdpl. Tebing ini menawarkan keindahan alam dari jejeran hutan pinus. Selain itu saat dari tebing ini, hamparan keindahan kota Bandung bisa terlihat lebih apik. Tempat wisata yang sangat cocok bagi pencinta kegiatan alam.

Sebuah tempat wisata yang cocok sekali sih untuk Anda jadikan tempat relaksasi bersama alam. Anda dapat menjumpai view lembah, hutan hijau dan juga semilir angin serta kabut agak tebal yang dapat Anda saksikan saat pagi hari. Jika Anda ingin mendapatkan foto terbaik, lebih baik datang saat waktu dekat sunrise atau sunset.

Untuk penamaan Tebing Keraton sendiri ternyata diciptakan oleh warga setempat, bernama Pak Asep. Tebing Keraton yang katanya memiliki makna kurang lebih berhubungan dengan keindahan alam yang mengagumkaSelain menawarkan keindahan alam dan perbukitan, beragam aktivitas menarik ada di sini. Mulai dari kegiatan menantang sampai kegiatan relaksasi. Tidak salah memang tebing ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke lembang.

Baca Juga : Sejarah Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung

Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan!

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton. Dari pusat kota Bandung, bertolaklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, beloklah ke kanan. Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ alias Warban. Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. Di sini, anda bisa memarkir motor dan mobil. Untuk mencapai tebing tersebut, anda hanya perlu berjalan kaki tak sampai 5 menit.

RuteĀ  menuju Tebing Keraton

Untuk menuju ke Tebing Keraton, tidak disarankan kamu membawa mobil, karena akses yang sempit dan tanjakan serta turunan yang curam, naik motor akan lebih leluasa. Apabila kamu start dari pusat kota Bandung, maka kamu bisa mengikuti arah kawasan wisata Dago Pakar, kemudian dilanjutkan ke arah jalan menuju Tahura atau Taman Hutan Raya Djuanda yang letaknya di Desa Ciburial Kabupaten Bandung Utara Dago. Lanjutkan perjalananmu sampai ketemu gapura Taman Hutan Raya dibagian kiri. Jika sudah sampai, tinggal masuki dan lanjutkan sebentar pasti sampai.