Kam. Sep 29th, 2022

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Parahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Rute Menuju Kawasan Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu berjarak 90 menit jika Anda berkendara dari Bandung. Cara termudah untuk sampai ke sana yaitu dengan mengikuti tur atau menyewa mobil. Namun, jika ingin melakukan perjalanan yang penuh petualangan, Anda dapat naik Subang Colt dari Lembang hingga di pintu masuk. Di pintu masuk, ada persewaan minibus yang membawa Anda ke atas gunung. Atau, Anda dapat berjalan kaki dari gerbang. Jaraknya 4,5 km hingga ke puncak. Anda juga dapat mengambil jalur melewati Kawah Domas. Rute ini dapat ditempuh dalam satu jam tapi sangat curam dan melalui hutan.

Berbagai Kawah Yang Ada Di Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu

Jika berkunjung menggunakan bus, ada tempat parkir khusus sebelum mencapai Kawah Ratu. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan minibus ke Kawah Ratu. Sementara untuk pengendara pribadi, Anda dapat berkendara hingga Kawah Ratu. Tersedia tempat parkir kendaraan di seberang kawah ini sehingga tak sulit dan memakan banyak tenaga. Kawah Ratu dapat dilihat langsung dari atas dengan pagar kayu untuk membatasi pengunjung agar tidak jatuh. Terdapat pemandangan luar biasa yang diselimuti asap panas dari dalam kawah. Tanah di sekitar Kawah Ratu umumnya berwarna putih dengan beberapa batu belerang berwarna kuning. Anda bisa mencoba mendaki ke area yang lebih tinggi jika ingin melihat keseluruhan area Kawah Ratu. Sekitar Kawah Ratu terdapat banyak toko yang menjual suvenir seperti syal, kupluk, tas dan topi bulu. Ada juga penjual makanan dan minuman panas. Anda juga bisa menunggang kuda di sekitar bagian kawah ini.

Baca Juga : Sejarah Ujungberung Sebagai Cikal Bakal Sejarah Bandung

Kawah Upas

Kawah Upas terletak di sebelah Kawah Ratu. Bentuk Kawah Upas berbeda dengan Kawah Ratu. Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar. Namun, untuk bisa melihat kawah ini harus melalui medan yang cukup berbahaya karena jalannya berpasir. Jadi, sangat jarang pengunjung yang datang untuk melihat kawah ini.

Kawah Domas

Kawah Domas terletak pada dataran yang lebih rendah dari Kawah Ratu. Jika melalui jalan baru, Anda akan menemukan gerbang Kawah Domas terlebih dahulu sebelum menuju Kawah Ratu. Di Kawah Domas, Anda bisa melihat lebih dekat dengan kawah. Bahkan, Anda bisa mencoba merebus telur dengan memasukkannya ke dalam kawah. Jam buka Kawah Domas terbatas, jika Anda datang setelah pukul 16.00 WIB, Anda diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata.