Kam. Sep 29th, 2022

Di antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung terdapat sebuah gunung yang puncaknya berketinggian sekitar 1.818 meter di atas permukaan air laut. Oleh masyarakat setempat gunung itu disebut sebagai Manglayang. Gunung Manglayang, walau berukuran relatif kecil di antara jejeran gunung di sekitarnya (Tangkuban Perahu, Burangrang, dan Bukit Tunggal), tetapi cukup menarik untuk dijadikan sebagai jalur pendakian, bumi perkemahan, maupun wisata alam.

Jalur pendakian di Gunung Manglayang dapat dibagi menjadi empat, yaitu: melalui Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda di Kabupaten Bandung; Palintang di Ujungberung, Kota Bandung; Baru Beureum atau Manyeuh Beureum; dan Jatinangor di Kabupaten Sumedang. Sementara untuk wisata alam, salah satunya adalah Curug Cilengkrang yang terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Curug Cilengkrang berjarak ± 10 km dari kota Bandung. Kondisi alam curug di kawasan Bandung Timur ini terjaga dengan baik. Curug Cilengkrang memiliki rangkaian air dengan rentang 2 km di sepanjang aliran Sungai Cihampelas. Sungai ini mengikuti alur lembah Gunung Manglayang dari Utara ke Selatan.

Administratur Perum Perhutani Bandung Utara, Wismo Tri Kancono menyatakan bahwa begitu memasuki Curug Cilengkrang terdapat sign board bertuliskan “ Diuk Sidengdang Di Curug Cilengkrang” , yang artinya mari duduk santai dengan kaki menjuntai di Curug Cilengkrang. Ide tulisan tersebut muncul lantaran Curug Cilengkrang memang menawarkan tempat keasrian hutan pinus, khas Gunung Manglayang yang nyaman.

Baca Juga : Pesona Pantai Tanjung Layar

Untuk mencapai lokasi Curug Cilengkrang dari Kota Bandung relatif mudah karena berjarak hanya sekitar 10-15 kilometer hingga ke daerah Ujungberung, Cibiru maupun Cileunyi. Dari Ketiga daerah ini terdapat jalan-jalan kecil berukuran lebar 3-4 meter menuju curug dengan jarak antara 10 hingga 12 kilometer hingga ke lokasi curug, yaitu: Jalan Cilengkrang I, Jalan Desa Cipadung, Jalan Manisi, Jalan Sindangreret, Jalan Sadang, hingga Jalan Villa Bandung Indah. Jalan-jalan tersebut telah beraspal atau cor beton, sehingga walau tidak ada angkutan umum (kecuali ojeg) dapat dilalui relatif cepat. Namun apabila hendak ke lokasi, sebaiknya menggunakan kendaraan berkondisi prima karena medannya selalu menanjak.

Harga Tiket Masuk Curug Cilengkrang Bandung

Objek wisata ini terbilang sangat murah. Bahkan, meskipun tiket masuk begitu murah, namun tempat ini masih sangat terawat.Dengan Rp.7.500 anda sudah bisa masuk dan menikmati Curug Cilengkrang