Kam. Sep 29th, 2022

Bagi Anda warga warga Jawa Barat terutama wilayah Bandung Barat dan sekitarnya, akan terasa tidak lengkap apabila belum berkunjung ke kawasan Curug Malela. Curug ini merupakan salah satu pilihan untuk berburu foto, cuci mata dan menyegarkan pikiran selain di Kawah Putih, Kebun Teh Rancabali dan Ranca Upas. Lokasinya bagai spot tersembunyi di Kabupaten Bandung Barat. Meski demikian tempat ini dekat denga Ciwidey yang cukup terkenal. Namun apabila dibandingkan, Curug Malela belum mendapat banyak perhatian dari pemerintah atau warga.

Namun, seiring berjalannya waktu dan berkat eksposur media sosial, Curug Malela kini diburu wisatawan. Terutama para milenial yang hobi menjelajahi tempat baru sembari bersepeda dan menikmati semilirnya udara pagi.Memukau Membangkitkan Pariwisata Sekotong dengan Festival Air Ubud Masuk Daftar Kota Wisata Terbaik Ke-4 Dunia Adapun secara lokasi, Curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, air terjun itu meluncur deras dari ketinggian 60 meter. Menariknya tidak hanya satu kucuran curug yang mengalir, melainkan lima sekaligus.

Disamping keindahan air terjun tersebut, tempat wisata alam di Bandung Barat ini masih memiliki daya tarik lain. Wisatawan akan menemukan kubangan air atau kolam dibawahnya yang mengalir secara deras memiliki kedalaman 1,5 sampai 2 meter. Limpahan air ini menyerupai air terjun kecil yang bisa digunakan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan, namun tidak disarankan untuk berenang.

Baca Juga : 4 Contoh Cerita Rakyat Dari Bandung Jawa Barat

Disamping itu lengkapnya fasilitas di Curug Malela yang memadai akan menambah betah untuk berlama – lama di tempat wisata Hits Bandung Barat ini. Rute menuju lokasi Curug Malela juga mudah untuk dijangkau. Serta yang paling menarik, Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung Jawa Barat ini terbilang cukup murah.

Di sekitar pinggir kolamCurug juga terdapat banyak bebatuan yang menambah keindahannya. Jika kamu beruntung, Kamu bisa melihat beberapa ekor monyet yang turun dari hutan untuk minum diCurug ini.

Curug atau air terjun Malela dikelilingi oleh hutan yang lumayan rimbun jadi tidak heran banyak hewan hutan yang berlalulalang. Curug ini sangat cocok dikunjungi, terutama untuk kamu yang suka berswafoto dan update di media sosial.

Akses & Lokasi

Lokasi Curug Malela berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug ini terkenal karena menjadi salah satu air terjun terbesar di Jawa Barat. Bentuknya yang lebar mirip Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika-Kanada, bahkan membuat curug ini populer dengan sebutan The Little Niagara. Wisatawan dapat melihat kemegahan curug lalu mengabadikannya dalam foto. Selain itu, terdapat ragam fasilitas yang ada di area wisata, seperti toilet, warung makan, hingga tempat duduk. Penasaran ingin berkunjung ke Curug Malela? Sebelum berkunjung, simak dulu harga tiket masuk dan cara menuju lokasinya.