Rab. Okt 5th, 2022
Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang merupakan sarana rekreasi bagi keluarga di tengah pemandangan yang indah dan asri. Memiliki lokasi seluas 15 hektar, tempat ini menjadi area ekowisata yang memadukan keselarasan budaya tradisional Sunda dalam satu wilayah.

Tujuan berdirinya Dusun Bambu Lembang ialah guna menjadi sebuah taman wisata sekaligus sarana edukasi mengenai budaya tradisional pada kehidupan modern bagi pengunjung. Oleh karena itu, lokasi ini banyak dilirik oleh keluarga untuk berlibur, terutama dari luar Kota Bandung.

Dusun Bambu adalah obyek wisata yang terletak di kaki Gunung Burangrang, kawasan ekowisata Dusun Bambu. Tepatnya, kawasan terletak di Jalan Kolonel Masturi km 11 Lembang, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dusun Bambu menyajikan keindahan alam dan budaya tradisional khas Sunda. Kawasan wisata ini sesuai untuk wisata keluarga. Dusun Bambu dibuat berdasarkan keprihatinan sebuah lahan di kawasan Bandung Barat. Saat itu, Dusun Bambu merupakan lahan yang tidak diperhatikan oleh petani setelah musim panen. Pada 2008, sejumlah pengusaha memiliki ide untuk mengembalikan lahan yang memprihatinkan itu untuk diperbaiki.

Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat ini. Seperti, wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang damai. Fasilitas lain di kawasan ini, seperti Kampung Layung Cottage, Sayang Heulang Camp, dan Restoran khas Dusun Bambu. Selain sebagai tempat wisata, Dusun Bambu juga merupakan resort. Dusun Bambu disebut sebagai one stop travelling lantaran tempat ini menyediakan berbagai wahana wisata, penginapan, dan tempat belanja dalam satu tempat.

Baca Juga : Sejarah Ujungberung Sebagai Cikal Bakal Sejarah Bandung

Dusun Bambu Lembang sudah buka. Hanya saja, sekarang ada perubahan konsep. Namun masih berbasis wisata Ecotourism.

Pada awal masa pandemi, Dusun Bambu ditutup, sama seperti tempat wisata lainnya. Sekarang sudah buka kembali dengan perubahan tata cara masuk. Selain itu, beberapa area juga berubah.

Sekarang kita tidak bisa masuk untuk sekedar berwisata saja. Tapi, harus reservasi makan di salah satu resto yang ada di lokasi.
Setelah reservasi makan, anda baru bisa masuk ke dalam area Dusun Bambu. Anda bisa makan terlebih dulu, lalu dilanjut menikmati keindahan dan wahana yang tersedia.

Sekilas tentang Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung mulai dikenal publik sekitar awal tahun 2014. Dari awal beroperasi, langsung menyedot banyak pengunjung.Wajar saja sih, hal yang ditawarkan oleh tempat ini terhitung baru dan membawa suasana segar.

Dulu, tempat wisata di Lembang rasanya seperti itu-itu saja. Keberadaan Dusun Bambu membawa pilihan suasana baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung.