Rab. Okt 5th, 2022
https://www.pesonabandung.com/saung-angklung-udjo/

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati, dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur Jawa Barat Indonesia.Udjo Ngalegana, seorang pengrajin tradisional, membangun tempat itu pada tahun 1966 sebagai sarana untuk memberi kembali kepada masyarakat. Semua hasil Saung Angklung Udjo digunakan untuk pendidikan siswa lokal, yang sebagian besar adalah anak-anak kurang mampu di daerah tersebut.

Berkunjung ketempat dengan nilai kesenian yang masih kentar biasanya memberikan kesan berbeda bagi sebagian orang. Bandung punya saung angklung udjo, tempat ini menjadi lokasi rutin pertujukan kesenian dengan semua alat musik yang terbuat dari bambu. Tempat ini tidak hanya sebagai tempat pertujukan, tapi juga sebagai laboraturium pendidikan untuk pelastarian alat musik Sunda dengan ciri khasnya yaitu bambu. Wisatawan yang berkunjung kelokasi ini tidak hanya dari wisatawan lokal, namun juga Internasional.

Baca Juga : Bukit Teletubbies

Dengan suasana tempat yang segar udaranya dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, dari kerajinan bambu dan interior bambu sampai alat musik bambu.Disamping pertunjukan rutin setiap sore, Saung Angklung Udjo telah berkali-kali mengadakan pertunjukan khusus yang dilakukan pada pagi atau siang hari. Pertunjukkan tersebut tidak terbatas diadakan di lokasi Saung Angklung Udjo saja, tetapi berbagai undangan tampil di berbagai tempat baik di dalam maupun di luar negeri, pada bulan Agustus tahun 2000 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Saung Angklung Udjo mengadakan konser kolaborasi dengan penyanyi cilik yang dijuluki Shirley Temple-nya Indonesia, yaitu Sherina.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo tidak berbeda untuk hari biasa maupun akhir pekan. Tarif tersebut masih terhitung terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam sekaligus edukasi akan budaya.Tentu harganya masih tergolong terjangkau untuk sebuah wisata keluarga.

Pentas Seni di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo selalu memiliki daya tarik tersendiri. Hal yang banyak dinanti ketika berkunjung ke tempat ini adalah pentas seni atau pertunjukan seni yang aktif di tempat ini. Pertujukan seni yang ada di tempat ini biasanya di laksanakan sekitar pukul 15.30 sampai 17.30. Waktu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pengelola saung tersebut.