Kam. Sep 29th, 2022
Taman Balai Kota Bandung

Bandung City Hall Park atau dikenal dengan sebutan Taman Balai Kota Bandung yang berdiri di pusat Kota Bandung. Dulunya merupakan sebidang lahan yang ditumbuhi banyak pepohonan rimbun berusia ratusan tahun.Lokasi ini pernah disebut sebagai Taman Dewi Sartika karena terdapatnya patung sang tokoh pendidikan yaitu Dewi Sartika. Gedung balai kota ini juga merupakan salah satu bangunan tertua yang terdapat di Kota Bandung.

Pada zaman dulu, gedung balai kota yang kini berdiri merupakan sebuah koffie pakhuis atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan gudang kopi. Adries de Wilde adalah si pemilik bangunan yang dikenal sebagai tuan tanah dan asisten Residen Priangan.

Objek Wisata di Taman Balai Kota Bandung

Jangan sampai melewati keindahan dan beragam objek wisata di Taman Balai Kota Bandung.Berikut beberapa hal yang bisa dinikmati pengunjung di Taman Balai Kota Bandung:

1. Labirin Hijau

Labirin yang berada di Taman Balai Kota Bandung adalah salah satu daya tarik ikonik dari tempat ini.Dipenuhi rerumputan berwarna hijau, terdapat 4 pintu masuk labirin dari berbagai sisi.Pengunjung akan dibuat ‘bingung’ mencari jalan keluar dari setiap pintu masuk labirin.
Labirin ini sengaja didesain berkelok-kelok dan susah untuk dilalui.Meski demikian, ini seru untuk dilalui, apalagi jika membawa Si Kecil.

2. Patung Ikonik Dewi Sartika

Patung Dewi Sartika didesain khusus sebagai bagian dari fasilitas Balai Kota Bandung. Patung ini juga sering dijadikan tempat berfoto para pengunjung.Berdirinya patung pahlawan ini bertujuan untuk menghormati perjuangan pendidikan.Lokasi patung ini berada di Taman Dewi Sartika, yang sempat beberapa kali mengalami renovasi dan perubahan.Di sekitar taman ini terdapat pula berbagai jenis tanaman hias yang membuat suasananya semakin sejuk dan asri.Taman ini pun dilengkapi dengan kehadiran berbagai jenis fauna, termasuk burung, kelinci, dan rusa, yang dikandangkan, lho.

3. Taman Badak

Mengutip dari berbagai sumber , fasilitas lain di Taman Balai Kota Bandung adalah Taman Badak.Ini termasuk objek wisata baru yang diresmikan pada tahun 2017 silam.Di area taman badak ini, pengunjung akan dimanjakan dengan kolam renang air untuk sarana bermain anak-anak.Adanya patung badak bercula satu pun menjadi simbol ikonik dari tempat ini.Konon, patung tersebut didirikan untuk mengingat Kota Bandung yang pernah ditinggali binatang purba tersebut.

Baca Juga : Floating Market Lembang

Taman ini juga dikenal sebagai Kebon Raja. Istilah tersebut muncul karena dulu di sebelah timur terdapat Kweekshcool (Sekolah Guru) yang memiliki siswa anak orang terpandang. Kweekshcool lantas dikenal sebagai Sakola Raja. Ketika jam istirahat tiba, para siswa sering berkumpul di lokasi tersebut sehingga kala itu dijuluki Taman Kebon Raja.

Setelah Indonesia merdeka, namanya diganti menjadi Taman Merdeka karena letaknya persis di Jalan Merdeka. Di tahun 1996, taman kembali berubah nama menjadi Taman Dewi Sartika seiring ditempatkannya patung Dewi Sartika. Kini namanya dikembalikan menjadi Taman Balai Kota Bandung sesuai letaknya.

Sementara itu, lahan berdirinya kompleks kantor Balai Kota Bandung kini adalah milik Andries de Wilde, seorang tuan tanah Priangan, yang sebelumnya digunakan sebagai gudang kopi. Pada tahun 1927, gudang kopi kemudian dihancurkan. Kemudian dilakukan pembangunan gedung beserta tamannya.